Sambutan Kepala Departemen

(Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho, S.T., M.T.)

Terima kasih atas kunjungan anda pada situs resmi milik Departemen Teknik Komputer ITS.

Teknik Komputer  ITS merupakan salah satu departemen di bawah Fakultas Teknologi Elektro ITS. Sebelumnya, nama departemen ini adalah Jurusan Teknik Multimedia dan Jaringan. Perubahan nama akibat adanya peralihan status ITS sebagai PTN-BH, dan Permendikbud no 154 Tahun 2014. Walaupun demikian, sesuai permendikbud ini, perubahan nama ini tidak mengubah status akreditasi A dari departemen ini.

Teknik Komputer ITS mengajarkan displin ilmu yang memadukan software dari bidang ilmu komputer dengan hardware dari bidang komputer, elektronika, dan telekomunikasi untuk diaplikasikan pada sistem komputasi modern (Cloud Computing, Wireless Sensor Network, IoT/ Internet of Things, Wearable Device, dan Embedded System) maupun pada peralatan yang dikontrol oleh komputer, dan jaringan dari perangkat cerdas, serta Robotika. Teknik Komputer juga mempelajari pengolahan data skala besar (big data), keamanan data dan jaringan (network security), dan komputasi multimedia.

Kami bangga saat ini Departemen Teknik Komputer ITS mempunyai program Double Degree (gelar ganda) dengan Fontys University , The Netherlands (Belanda). Program Double Degree akan diperluas dengan Shibaura Insitute of Technology, Japa (Jepang) setelah tahun 2020.

Mahasiswa Departemen Teknik Komputer ITS juga berkesempatan mengikuti program Student Exchange (Non-Degree Program) dan Research Internship dengan beberapa Universitas: Saxion University (Belanda), University of Twente (Belanda), Shibaura Insitute of Technology (Jepang), Kumamoto University (Jepang), Dankook University (Korea), Chung Ang University (Korea), King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT) Thailand, Hochschule Bremen (Jerman), The Université Catholique de Lille (Perancis).

Prestasi mahasiswa Teknik Komputer ITS sangat membanggakan. Robot ICHIRO yang digawangi mahasiswa DTKomp berhasil meraih 19 medali pada lomba robot FIRA RoboWorld Cup 2018 di Taiwan, Juara umum (4 medali) di Canada’s RoboCup 2018, Juara 2 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017. Prestasi lainnya adalah juara 1 pada Lomba Karya Cipta Teknologi di ELCCO 2018 Universitas Udayana Bali, juara 2 pada Kontes Robot Terbang Indonesia 2018 di Lampung, juara 1 (Aplikasi), Juara 2 (Inovasi), 3 (Inovasi) pada lomba  i-FEST 4.0 2017, Universitas Brawijaya, juara 1 di XL Digital Leader 2016, juara 1dan juara 2 serta Best Idea di i-FEST 3.0 2016, medali Emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX 2016 di Makassar.

Demikian juga lulusan Teknik Komputer ITS saat ini sudah bekerja di beberapa perusahaan nasional dan multinasional seperti: Schlumberger, PT Telkom, Bukalapak, Artajasa, BliBli, Perbankan (BNI, BRI),  PT Multipolar, LAPAN.

Dengan demikian, Departemen Teknik Komputer ITS merupakan tempat yang tepat untuk melanjutkan studi jenjang sarjana.