ITS Press

Jelajahi Produk ITS Press !
22 Februari 2023, 05:02

Atom dan Molekul

Oleh : itspress | | Source : -

Penulis : Syafsir Akhlus dan Hamzah Fansuri

ISBN : 978-623-318-163-1

Sinopsis

Atom dan molekul merupakan salah satu bagian pembahasan dari Ilmu Kimia Fisika yang mendeskripsikan tentang materi, atom dan molekul dengan pendekatan semi populer.

Buku ini merupakan salah satu buku dasar yang harus dibaca sebelum membaca buku-buku serial Ilmu Kimia Fisika lainnya yang lebih advanced (bersifat lanjut).

Pada bagian awal dijelaskan tentang keberadaan benda atau materi serta jenis-jenis perubahan yang dapat terjadi atas materi. Ada pula jenis-jenis campuran yang lazim dikenal pada materi, serta parameter-parameter dasar apa saja yang menjadi indikator dari suatu materi. Jenis-jenis rekayasa yang dilakukan pada materi dimulai dari era protosaintifik sampai munculnya Ilmu Kimia serta beberapa temuan-temuan yang menjadi hukum-hukum dasar bagi perkembangan lebih lanjut pada Ilmu Kimia.

Pada bagian selanjutnya dijelaskan perkembangan teori tentang atom, mulai dari teori yang klasik sampai teori yang terkini. Diikuti bagaimana fenomena partikel-partikel sub-atomik menjadi indikator terhadap keberadaan atom dan sifat-sifatnya, termasuk terbentuknya ion dan ikatan ionik antar ion membentuk molekul.

Buku ini ditutup dengan penjelasan ikatan-ikatan antar atom atau molekul yang tidak menyebabkan terjadinya ikatan kimia, baik antar atom maupun antar molekul.

 

 

Berita Terkait