News

Seminar Ulang Tahun Internet Ke-50 oleh Departemen Teknologi Informasi ITS

Wed, 30 Oct 2019
4:32 pm
Activity

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : Admin Teknologi Informasi   |

 

Internet merupakan sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Penentuan Hari Internet Internasional yaitu pengiriman pesan pertama menggunakan internet  pada tanggal 29 Okotober 1969, pesan tersebut dikirimkan oleh seorang profesor dari University of California, Los Angeles (UCLA) bernama Leonard Kleinrock bersama mahasiswanya bernama Charley Kline kepada Bill Duval di Stanford Research Institute.

Selama 50 tahun, internet telah berkembang sangat pesat memberikan berbagai pengaruh positif dan pengaruh negatif dalam kehidupan masyarakat di dunia. Oleh karena itu, Departemen Teknologi Informasi ITS menyelenggarakan Seminar Ulang Tahun Internet Ke-50 pada hari Selasa, 29 Oktober 2019 di Ruang Seminar Lantai 2, Perpustakaan ITS. Seminar Ulang Tahun Internet Ke-50 ini menghadirkan 5 pembicara hebat dan profesional antara lain Ir, M. Husni M. Kom, Prof. Ir. Supeno Djanali, M.Sc,Ph.D, Dwi Sunaryono, S.Kom, M.Kom, Dr. Ir. Endroyono, DEA, Dr. Ir. Hari Ginardi, M.Sc. Kelima pembicara ini membawakan lima materi yang berbeda-beda dan sangat menarik untuk menjadi pengetahuan baru bagi para peserta seminar. Prof. Ir. Supeno Djanali, M.Sc, Ph.D, pendiri Departemen Teknik Informartika ITS, menyampaikan materi pertama dengan judul “Pengaruh Internet pada Perubahan Kultur di Indonesia” yang menyadarkan kepada kita bahwa internet berkembang dengan membawa berbagai pengaruh positif dan negatif pada budaya di Indonesia. Materi kedua disampaikan oleh Ir. M. Husni, M.Kom, , dengan judul “Sejarah Internet dan Pedoman Keamanan Siber untuk Pengguna Internet”. Materi kedua ini mengingatkan kepada kita sebagai pengguna internet bahwa internet merupakan salah satu ladang penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi sehingga kita perlu mengetahui keamanan dunia melalui keamanan siber. Materi dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga berjudul “Keamanan Aplikasi” oleh Dwi Sunaryono, S.Kom, M.Kom, menjelaskan kepada kita bahwa penting bagi kita untuk menjaga keamanan suatu aplikasi. Materi pun berlanjut pada materi keempat yang disampaikan oleh Dr. Ir. Endroyono, DEA dengan judul “IoT sebagai Pendukung Smart City” dimana konsep Smart City merupakan suato konsep kota inovatif  yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  dan teknologi lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup, efisiensi dari pelaksanaan dan pelayanan kota serta tingkat kompetitif suatu kota sementara mendukung kebutuhan generasi saat ini dan yang akan datang. Seminar ini ditutup dengan penyampaian materi kelima oleh Dr. Ir. Hari Ginardi, M.Sc dengan judul “Pengaruh Internet pada Pertumbuhan Sistem Informasi Berbasis Jaringan”, menyadarkan kepada kita bahwa internet memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan sistem informasi dengan basis jaringan.

 

Seminar Ulang Tahun Internet Ke-50 ini dihadiri oleh semua mahasiswa-mahasiswi Departemen Teknologi Informasi ITS, mahasiswa-mahasiswi dari non-Departemen Teknologi Informasi ITS serta siswa-siswi SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan akan mampu menyadarkan kita para pengguna internet untuk bisa menggunakan internet dengan baik.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.