Prospek Karir

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Prospek Karir

Jangan bingung, sebagai lulusan Departemen Teknologi Informasi ITS memiliki peluang untuk berkarir di perusahaan maupun berwirausaha. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sebagai lulusan departemen kami:

Berprofesi sebagai seorang Software Developer harus memahami beragam bahasa pemrograman, hal ini dikarenakan profesi Software Developer akan memiliki peran penting dalam pembangunan dan pengembangan perangkat lunak (software).

System Analyst merupakan keprofesian yang berfokus pada aktivitas penganalisisan, perancangan dan pengimplementasian sistem. Kemampuan utama yang dibutuhkan untuk dapat menjadi System Analyst adalah kemampuan dalam menganalisis informasi dengan baik dan komunikasi yang baik.

Menjadi seorang Network Administrator akan berperan penting dalam melakukan pemeliharaan dan monitoring jaringan komputer, baik dalam bentuk perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

IT Consultant bekerja memberikan saran dan masukan kepada klien dalam penggunaan teknologi agar tujuan bisnis perusahaan atau masalah klien dapat terpenuhi dan terselesaikan.

Perkembangan internet yang semakin cepat membuat penyimpanan awan atau sering dikenal dengan komputasi awan semakin digemari. Tren pekerjaan seiring berjalannya waktu juga akan berubah, seperti munculnya pekerjaan Cloud Architect. Bagi yang memiliki ketertarikan pada lingkungan cloud, menjadi seorang Cloud Architect adalah jawaban yang paling tepat. Fokusan pekerjaan dari Cloud Architect adalah pada sisi merencanakan dan mendesain lingkungan cloud.

Sebagai seorang IT Support Analyst, maka akan dihadapkan dengan tanggung jawab dalam menyediakan pengaturan teknis, dukungan dan saran kepada para pengguna teknologi informasi dengan tujuan agar mereka mampu memperbaiki dan menyempurnakan teknologi.

Computer Forensic Investigator atau lebih dikenal dengan Forensik komputer, merupakan salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang dapat ditemui pada media penyimpanan dan komputer digital.

Database/basis data menjadi sangat penting untuk suatu instansi atau organisasi. Hal ini dikarenakan database merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer.

Untuk mengelola database tersebut dibutuhkan seseorang yang mampu mengelola data tersebut yakni database administrator.

Tugas dari seorang database administrator meliputi melakukan desain database, melakukan pemeliharaan, dan perbaikan suatu basis data.

Industri game dari dahulu memang terus populer dan tidak pernah surut di telan waktu. Game dalam bentuk komputer, mobile, dll terus mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi tampilan grafis maupun cara memainkannya.

Prospek kerja teknik informatika sebagai seorang game developer masih sangat terbuka lebar. Untuk menjadi seorang game developer anda harus menguasai algoritma dan bahasa pemrograman game, misalnya pemrograman C++.

Prospek kerja teknik informatika tentu saja berpeluang besar menjadi seorang network engineer karena infrastruktur jaringan selalu dibutuhkan setiap saat dalam membangun komunikasi antar user.

Tugas dari seorang network engineer adalah merencanakan, mendesain, melakukan pengelolaan, manajemen, dan menyelesaikan permasalahan jaringan.

Perkembangan internet tidak pernah lepas dari suatu website, baik perorangan, kelompok, organisasi, maupun suatu perusahaan. Untuk merancang suatu tampilan website yang mudah digunakan oleh user maka dibutuhkan seorang desainer web (Web Designer).

Desainer web bertugas dalam merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh user. Pekerjaan dari desainer web akan saling berkolaborasi dengan Front End Web Developer dalam hal teknis, dan bekerja sama dengan UX Researcher dalam menangani pengalaman pengguna dari suatu website.

Orang-orang yang berada di posisi security analyst ini bertugas mendeteksi serta mencegah ancaman cyber terhadap perusahaan. Termasuk di antaranya adalah perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit internal dan eksternal, hingga koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga.

Security architect adalah bagian yang bertugas mengimplementasikan dan mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan. Tanggung jawab pekerjaan ini adalah mendesain, melakukan riset, hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

Security engineer adalah posisi tingkat menengah yang bertugas membangun serta memelihara sistem keamanan perusahaan. Terkadang, mereka harus memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan dari jaringan perusahaan tersebut.