News

Impactful Friday: Youth’s Passion to Achieve SDGs (Talk Show)

Mon, 22 Jun 2020
8:08 pm
News
Share :
Oleh : ojtvolunteerio   |

Talk show Impactful Friday: Youth’s Passion to Achieve SDGs, Ngobrol Santai tentang SDGs 11 dan 13” merupakan webinar bagian dari kampanye Impactful Friday yang diadakan oleh Direktorat Kemitraan Global ITS. Dalam rangka seri kampanye pemenang lomba French+Sciences Competition 2020 di ITS, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap SDGs (Sustainable Development Goals) dan mengajak peserta untuk turut berkontribusi pada SDGs.

Pada Jumat, 29 Mei 2020, talk show Impactful Friday diadakan secara daring melalui aplikasi ZOOM. Acara dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai dengan selesai dan keikutsertaan yang terbuka untuk umum.  Acara ini membahas SDG 11 “Sustainable Cities and Communities” dan SDG 13 “Climate Action” yang dibawakan oleh Shellyn Fortuna (Perencanaan Wilayah Kota 2017) dan Briangga H. Bromo (Teknik Kelautan 2017) sebagai pemenang French+Sciences Competition 2020 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Topik pembahasan yang dibawakan oleh kedua narasumber adalah mengenali SDGs dari aspek pengertian dan tujuan, SDG 11 “Sustainable Cities and Communities”: Peran Budaya untuk Mewujudkan Sustainable Development dan Sustainable Urban Heritage, dan SDG 13 “Climate Action”: Urgensi SDGs untuk Menghadapi Daerah Pesisir Dunia yang Kian Tenggelam. Adapun acara diawali dengan kata sambutan dan penjelasan singkat tentang SDGs oleh Rulli Pratiwi Setiawan, Ph.D, Senior Manager ITS untuk Urusan WCU dan Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS.

Untuk menjawab pertanyaan dari peserta, setelah pembicara memberikan materi maka dibuka sesi tanya jawab. Kemudian, acara dilanjutkan dengan perkenalan narasumber dan tema esai narasumber oleh moderator. Masing-masing narasumber diberikan pertanyaan mengenai esai yang dibawakan seperti: alasan narasumber memilih tema tersebut, seberapa penting SDGs, organisasi yang memiliki fokus yang sama dengan tema, dan peran mahasiswa dalam tema tersebut. Selain menjelaskan tentang esai, masing-masing narasumber mengadakan tantangan atau challenge bagi peserta dan bagi pemenang akan mendapatkan merchandise dari ITS GE.

 

Sebelum acara berakhir, para peserta mengikuti kuis berhadiah mengenai materi yang disampaikan oleh narasumber melalui aplikasi Kahoot!. Peserta yang menjadi peringkat satu akan mendapatkan merchandise dari ITS GE juga. Acara talk show Impactful Friday diakhiri dengan foto bersama dan kata penutup dari moderator. Setelah acara berakhir diharapkan para peserta mendapatkan wawasan mengenai SDGs dan dapat berkontribusi dalam mewujudkan SDGs pada tahun 2030 nanti.

Latest News

  • ITS GE Held an Offline “Inbound Staff Mobility (ISM)” on June 2022

      Inbound Staff Mobility June 2022 On June Monday, June 6th throughout Friday, June 10th, ITS Global Engagement has

    18 Jun 2022
  • ITS Strategic Planning on International Collaboration

    To achieve strategic goals as a derivative of the ITS Vision – Mission, includes Transformation Organization, Excellent Achievement and

    29 Apr 2022
  • Thammasat International Student Admission

    Thammasat University are calling for application for international applicants to study in undergraduate and postgraduate levels at Thammasat University

    13 Apr 2022