ITS Dorong Keterampilan Menggambar Perspektif bagi Pelajar
28 November 2025
Redaktur: Yaritsa Husni Sabiela
Reporter: Ahmad Nabil
Agrie Pratama Harwinanto ST. M.Ds. (Tengah) bersama peserta dan tim pelaksana berfoto dengan hasil gambar pelatihan, Surabaya, Minggu (06/07/25).
Surabaya, ITS — Laboratorium Perilaku dan Lingkungan bersama Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan Pelatihan Menggambar Perspektif bagi Siswa SMA/Sederajat di Surabaya, Minggu (06/07/25) yang dirancang untuk menguatkan keterampilan visual dan mempersiapkan portofolio calon mahasiswa desain sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini hadir sebagai respons terhadap meningkatnya minat pelajar terhadap studi desain dan arsitektur yang belum selalu dibarengi pengetahuan teknis dasar, khususnya teknik perspektif dan arsir.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam format workshop intensif ini menggabungkan materi teori singkat, demonstrasi video tutorial, dan praktik bertahap, mulai latihan garis dasar, pengendalian proporsi, hingga teknik arsir dan penciptaan dimensi lewat bayangan. Mahasiswa pendamping yang sudah mendapat pembekalan teknis mendampingi peserta secara langsung sehingga proses belajar berjalan interaktif dan responsif terhadap pertanyaan peserta.
Peserta sedang melaksanakan pelatihan dibantu oleh tim pelaksana, Surabaya, Minggu (06/07/25).
Pelatihan ini memberi dampak langsung berupa peningkatan kepercayaan diri peserta dan keterampilan teknis yang menjadi modal penting dalam menyusun portofolio masuk perguruan tinggi. Kegiatan ini pun selaras dengan SDG 4 (Quality Education) karena memperluas akses pendidikan kualitas di bidang keterampilan kreatif dan teknis, serta mendukung pembelajaran seumur hidup bagi pelajar. Selain itu, ada relevansi terhadap SDG 8 (Decent Work and Economic Growth) dalam jangka menengah melalui penguatan kompetensi sehingga membuka peluang bagi peserta dalam jalur pendidikan dan karier di sektor kreatif. Penyelenggara menekankan keberlanjutan program sebagai bentuk kontribusi ITS terhadap pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing dan inklusif.
Pelatihan Menggambar Perspektif oleh Lab. Perilaku dan Lingkungan bersama TKMDII ITS membuktikan bahwa intervensi pendekatan praktis, terstruktur, dan berkelanjutan mampu mengatasi kekosongan pembelajaran teknis di tingkat sekolah menengah. Dengan rencana pengembangan materi dan pendampingan pasca-pelatihan, program ini diproyeksikan menjadi inisiatif jangka panjang yang memberdayakan lebih banyak pelajar menuju pendidikan desain yang berkualitas.
Ketua Penelitian: Agrie Pratama Harwinanto, ST., M.Ds.
Anggota Dosen: Dr. Ir. Susy Budi Astuti, MT. Dr. Ir. Prasetyo Wahyudie, MT. Onna Anieqo Tanadda, S.Ds., M.Ds. Lea Kristina Anggraeni, S.T., M.Ds. Yaritsa Husni Sabiela, S.Ds., M.Ds.
Anggota Mahasiswa: Chaterine Eunice Michelle Naomi Koraag, Bryan Setya Darma, Ahmad Nabil, Taqiyyatu Hanun Nuha, Keysha Aurellia, Gerinh Viriano Wahyu Maleppe
Laboratorium: Lab. Perilaku dan Lingkungan