Laboratorium

Laboratorium dari Berbagai Minat Bidang Fisika yang Representatif dan Akomodatif

Laboratorium Yang Tersedia di Departemen Fisika ITS Mengakomodasi Berbagai Minat Bidang Keilmuan Fisika

 

  1. Material

Mempelajari dan meneliti berbagai jenis material keramik, polimer, logam, semikonduktor, superkonduktor. Penelitian nanomaterial saat ini juga menjadi perhatian khusus di Program Studi kami. Penelitian-penelitian menyangkut sintesis, karakterisasi, teori dan permodelan. Kajian diarahkan untuk mengungkap variabel-variabel aplikasi seperti sifat listrik, magnet, mekanik, korosi dan akustik yang ditujukan untuk mendukung industri.

  1. Fisika Bumi

Penerapan ilmu fisika dalam mempelajari gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk pemetaan struktur alam dan batuan di bawah permukaan bumi. Gejala kebumian meliputi peristiwa alam yang dapat terjadi di bumi, laut dan atmosfer serta interaksinya terhadap kehidupan manusia. Struktur alam bawah permukiman sangat erat kaitannya dengan kepentingan eksplorasi bahan tambang (minyak, gas dan mineral) serta perencanaan konstruksi sipil. Struktur buatan bawah permukaan dapat dimanfaatkan untuk studi lingkungan maupun arkeologi.

  1. Opto-elektronika

Mempelajari dan meneliti piranti-piranti komunikasi optik (serat optik, dan divais fotonik) dan microwave (antenna mobile communication, portable-phone) baik secara eksperimen maupun analisis numerik dengan metode FD-BPM & FD-TD; serta Non Destructive Testing (NDT) dengan metode holografi dan ESPI.

  1. Fisika Teori

Memahami, mempelajari dan mengungkapkan hukum fundamental di alam, secara spesifik tertarik pada penerapan teori medan kuantum pada fisika partikel dan isu aktual terkait.

  1. Instrumentasi

Mempelajari, meneliti dan mengembangkan tentang sensor, pengukuran, dan akuisisi data baik analog maupun digital dan secara on line maupun real time. Objek sensor meliputi proses alam, proses kimia, dan yang berkaitan dengan besaran fisis lain. Pemodelan dan simulasi juga dikembangkan untuk perancangan sistem instrumentasi dan sistem kendali.