Program Studi

Departemen Fisika ITS menyediakan Program Studi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3)

Materi Pembelajaran Departemen Fisika

Materi pembelajaran yang diberikan di Departemen Fisika sangat sesuai dengan tujuan mata kuliah karena setiap mata kuliah dilengkapi dengan Silabus dan RPS. Silabus mata kuliah terdiri atas deskripsi mata kuliah, tujuan mata kuliah, daftar pustaka, materi dan evaluasi sehingga materi yang diberikan selalu disesuaikan dengan tujuan setiap mata kuliah.

Struktur dan Rentang Kegiatan Mengajar

Kegiatan belajar mengajar 1 semester berlangsung dalam kurun waktu 16 minggu termasuk berupa tugas, kuis, presentasi, praktikum, evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester.

Pelayanan Akademik

Departemen Fisika memberikan berbagai pelayanan akademik kepada mahasiswa, diantaranya:

  1. Menyediakan bimbingan/asistensi mata kuliah yang telah dilengkapi dengan bentuk multimedia dan on-line sehingga dapat diakses secara luas (Mata kuliah: Difraksi Kristal, Fisika Instrumentasi, Intelligent Instrumen, Fisika Statistik, dan Pengantar Fisika Bahan).
  2. Memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan bimbingan materi kuliah untuk mata kuliah yang tingkat kelulusannya rendah.
  3. Menyediakan perpustakaan / ruang baca dengan koleksi buku dan jurnal yang lengkap. Institut dan Departemen Fisika menentukan pembentukan dosen wali yang aktif memberikan pelayanan dan bimbingan yang bersifat akademik.
  4. Menyelenggarakan kuliah tamu dan seminar yang diisi oleh profesional secara rutin setiap hari Senin.
  5. Mendorong mahasiswa dan dosen untuk aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika dan forum komunikasi mahasiswa Fisika.
  6. Menjalin komunikasi aktif dengan alumni melalui forum komunikasi alumni, www.alumniits.com.
  7. memanfaatkan adanya Sistem Informasi Manajemen Akademik yang dikelola oleh BAAK untuk mendukung pelayanan akademik mahasiswa.
  8. Membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan bimbingan akademik untuk kegiatan kompetisi akademik mahasiswa

Informasi dan bimbingan karir (COOP)

Dalam rangka memberikan bimbingan, informasi karir, dan kebutuhan industri terkini kepada mahasiswa, Departemen Fisika  melakukan beberapa kegiatan diantaranya:

  1. Memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan informasi peluang kerja, kerja praktek, dan beasiswa.
  2. Secara aktif mengundang alumni dan atau memfasilitasi komunikasi langsung antara profesional / industri dengan mahasiswa melalui program kuliah tamu.
  3. Secara aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika.
  4. Menjalin informasi dan bimbingan karir dari alumni Departemen Fisika.
  5. Membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan informasi dan bimbingan karier.
  6. Dosen Wali selain memberikan bimbingan akademik juga memberikan arahan karier mahasiswa hingga memperoleh karier yang sesuai.
  7. Institut juga memiliki lembaga konseling karier (SAC: Student Advisory Center) yang menyelenggarakan berbagai training, dan bursa karier.

Bimbingan TA/Tesis

Bimbingan tesis (atau tugas akhir/TA) dilakukan selama mahasiswa mengambil TA/Tesis. Setiap mahasiswa dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan/atau seorang dosen co-pembimbing. Mahasiswa akan terbantu dengan pembimbingan tugas akhir yang dilakukan oleh dosen. Sehingga penelitian dan penulisan hasil penelitian yang dilakukan akan lebih terarah, efektif, dan efisien. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan thesis/TA akan diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat. Penelitian yang dilakukan mahasiswa akan lebih terarah sesuai dengan rekam jejak (track record) penelitian dosen dan pohon penelitian Departemen Fisika.

 

Tujuan Pendidikan Program/Program Educational Objectives (PEO)

Program Sarjana

Deskripsi Tujuan Pendidikan Program Studi (PEO) Sarjana (S1) di Departemen Fisika – ITS Surabaya

PEO Deskripsi
PEO-1 Melahirkan lulusan yang berketuhanan, beretika, dan bertanggung jawab serta mempu menunjukkan leadership dan kerja sama dalam dunia global.
PEO-2 Menghasilkan lulusan yang diawal karirnya menjadi profesional sebagai pendidik, peneliti, praktisi, dan wirausahawan dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuannya di bidang fisika yang meliputi fisika teori, material, instrumentasi, optoelektronika, geofisika, dan biofisika untuk dapat diaplikasikan di dunia kerja.
PEO-3 Menghasilkan professional sebagai ilmuwan yang mampu berkomunikasi secara tertulis maupun oral dalam tim atau sebagai warga dunia dengan menggunakan Bahasa internasional.
PEO-4 Individu yang mampu mengembangkan diri untuk selalu belajar sepanjang masa melalui studi lanjut, penelitian, dan aktifitas lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Program Magister

  1. The graduates develop their professional careers in various fields of job position in the development and application of physics.
  2. They trust and respect of others among the team members.
  3. Researchers who can carry out independent research and can develop innovative and latest scientific works and/or pursuing their advanced degree.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan/Program Learning Outcomes (PLO)

Program Sarjana

Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Sarjana (S1) yang dirumuskan kembali berdasarkan standar KKNI di Departemen Fisika – ITS Surabaya

PLO Description
PLO-1 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan norma beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta etika ilmiah sesuai dengan bidang keahliannya. [S]
PLO-2 mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bertanggung jawab dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam analisis informasi dan data yang disusun untuk problem solving dalam bidang keahlian fisika. [S]
PLO-3 mampu melakukan manajemen, leadership, dan bekerja sama dalam tim dalam kapasitas sebagai anggota atau ketua kelompok dan bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja tim. [KU]
PLO-4 mampu berkomunikasi dan mengimplementasikan teknologi informasi sehingga dapat mendokumentasikan, menyimpan, dan mengamankan data. [KU]
PLO-5 mampu mengembangkan diri dan mengimplementasikan wawasan lingkungan dan kewirausahaan berbasis teknologi. {KU}
PLO-6 mampu mengaplikasikan konsep teoretis fisika klasik dan fisika modern secara mendalam melalui identifikasi sifat-sifat fisis dari suatu sistem fisis. [P]
PLO-7 mampu mengaplikasikan prinsip dan aplikasi fisika matematika, fisika komputasi, dan instrumentasi baik cara mengoperasikan instrumen fisika secara umum maupun analisis data dan informasi dari instrumen tersebut. [P]
PLO-8 mampu mengaplikasikan prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi teknologi yang relevan dan terupdate dalam bidang fisika  beserta aplikasi piranti lunaknya. [P]
PLO-9 mampu merumuskan gejala dan masalah fisis serta mampu membuat pemodelan / simulasi matematis atau fisis yang sesuai hipotesis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen yang dilakukan. {KK}
PLO-10 mampu memecahkan permasalahan fisis secara komprehensif dengan berbagai solusi alternatif dan menganalisis sistem fisis yang ada dan memprediksi potensi penerapan perilaku fisis dalam teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian fisika lebih lanjut. {KK}
PLO-11 mampu mendiseminasikan hasil kajian masalah dan perilaku fisis berdasarkan kaidah ilmiah baku dalam komunikasi lisan dan tulisan dalam bentuk laporan atau karya ilmiah sesuai kaidah penulisan yang benar dengan memahami mekanisme plagiarisme serta mempublikasikannya di tingkat nasional atau internasional. {KK}
PLO-12 mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, serta mampu menggunakan  bahasa internasional. {KK}

Note: KKNI Criteria: S = Sikap; KU = Kemampuan Umum; P = Pengetahuan; KK = Keahlian Khusus

Program Magister

They require students to show understanding of and/or skill in the following areas:

  1. Developing a positive and responsible attitude individually and collectively in law enforcement, ethics, community life and environmental sustainability.
  2. Developing logical, critical, systematic, and creative thinking through scientific research in science and technology according to the field of physics competence.
  3. Identifying the scientific field of physics as the research topics following the robust road map developed within inter- or multi-disciplinary science and technology.
  4. Mastering advanced physical concepts and their application to solving theoretical and experimental research problems based on the principles of the scientific method by analysing and processing data obtained in laboratories and nature.
  5. Identifying and implementing various special topics in physics using the analytical and computational approach or obtaining and processing the data through specific hardware and software.
  6. Implementing and updating sustainable physical knowledge by doing the appropriate research in many fields.
  7. Documenting, saving, arranging and presenting the research data based on scientific principle and ethics in the form of master thesis.
  8. Compiling and communicating the ideas and scientific argument to academic society or even public.