DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
04 Maret 2024, 09:03

Call For Research Proposal Program Penelitian Terapan Solusi Berbasis Alam (Nature-based Solutions/NbS)

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Sehubungan dengan dibukanya hibah Program Penelitian Terapan Solusi berbasis Alam (Nature-based Solutions/NbS), bersama ini kami menyampaikan kepada seluruh dosen dan peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk mengajukan proposal penelitian terapan inovatif yang mengkaji bagaimana NbS (Nature-based Solutions/NbS) di Indonesia. Untuk tahun 2024/2025, Proyek FINCAPES membuka program penelitian terapan dengan besaran sebagai berikut:

  1. Dukungan pendanaan hingga $15.000 CAD
  2. Durasi Proyek: hingga 12 bulan/1 tahun
  3. Program penelitian terapan tersedia bagi 5-10 proposal terpilih dalam putaran pertama

Bidang Fokus:

  • Ketahanan terhadap Bencana: Adaptasi terhadap risiko perubahan iklim (seperti banjir, erosi pantai, dan/atau kebakaran hutan) melalui NbS.
  • Perubahan Iklim dan Ketahanan Masyarakat: Meningkatkan ketahanan ekosistem dan ketahanan masyarakat melalui restorasi mangrove/gambut; aktivitas mata pencaharian yang selaras dengan NbS; dan penyerapan karbon.
  • Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati yang Sehat: Meningkatkan pengelolaan air dan keanekaragaman hayati; dan meningkatkan keberlanjutan dan ketahanan ekosistem dan masyarakat secara keseluruhan melalui intervensi berbasis alam, restorasi habitat, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Tanggal Penting :

  • Batas Waktu Pengajuan LOI         : 20 Maret 2024
  • Pengumuman LOI yang Diterima: 20 April 2024
  • Batas Waktu Pengajuan Proposal Lengkap (bagi LOI terpilih) : 1 Juni 2024

Proses Pengajuan :
Silakan kirimkan satu salinan LOI Anda dalam Bahasa Indonesia melalui email ke fincapes@uwaterloo.ca paling lambat tanggal 20 Maret 2024 dengan format penulisan subyek email sebagai berikut: [LOI_NbS] Nama Lengkap. Informasi dan panduan proposal proposal penelitian terapan inovatif yang mengkaji bagaimana NbS (Nature-based Solutions/NbS) dapat diakses pada : http://bit.ly/NbSARG.

Apabila dibutuhkan lembar pengesahan pimpinan DRPM bisa dikirimkan melalui https://linktr.ee/drpm.its dan konfirmasi ke Admin DRPM ITS wa.me/6281333250025.

Lampiran:

Berita Terkait