DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
25 Februari 2024, 12:02

Hibahkan Mesin Teknologi Tepat Guna ke Kabupaten Madiun, ITS Dukung Pemberdayaan Masyarakat Melalui Potensi Porang Pasca Panen

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Langit agak mendung hari itu selasa 20 Februari  2024 tim peneliti  porang yang diketuai  Dr. Nurul Jadid dari  Departemen Biologi Fakultas Sains dan Analitika Data Institut Teknologi Sepuluh Nopember berangkat ke Madiun tepatnya ke desa Kepel Kecamatan Kare untuk   menyerahkan seperangkat  alat pemroses porang  dari umbi sampai menjadi  tepung. Seperangkat alat tersebut terdiri dari:

  1. Mesin pengupas dan pencuci umbi berkapasitas 200-250 kg/jam dengan penggerak motor bensin
  2. Mesin perajang berkapasitas 300-400 kg/jam dengan penggerak motor bensin
  3. Mesin pengering berkapasitas 40-50 kg/jam dengan menggunakan bahan bakar gas elpiji dengan berukuran blower 0.5 Hp
  4. Mesin penepung berkapasitas 250-300 kg/jam dengan penggerak motor bensin

Tim ITS tersebut terdiri dari para inovator dari berbagai disiplin ilmu antara lain Dr. Niniek Fajar dari Departemen Teknik Kimia Industri, Dr. Arfan Fahmi dari Departemen Studi Pembangunan, Dr. Dedy Zulhidayat dari Departemen Teknik Mesin Industri, Dr. Nur Husodo dari Departemen Teknik Mesin Industri dan Prof. Lailatul Qadariyah dari Departemen Teknik Kimia. Selain para dosen, tim ini juga diperkuat oleh mahasiswa dari  Departemen Teknik Mesin Industri, Departemen Teknik  kimia Industri, dan Departemen Teknik Kimia.

Acara dibuka oleh Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, dan dihadiri oleh para Kepala dinas terkait yaitu kadis perindustrian, kadis pertanian dan Perikanan, serta Kadis Ketahanan Pangan. Pada sambutannya Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat ITS, Fadlilatul Taufany, S.T, Ph. D., mengharapkan bahwa dengan adanya hibah alat tersebut dapat meningkatkan nilai jual porang yang tidak hanya berupa umbi saja akan tetapi dapat berupa keripik chips dan juga tepung. Hal ini diharapkan akan dapat meningkatkan pendapatan para petani porang di desa Kepel. Sementara itu setelah acara penandatanganan berita acara penyerahan peralatan, dalam sambutannya Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, menekankan akan penggunaan alat tersebut dan akan Kembali lagi untuk melihat apakah masyarakat desa Kepel terutama BUMDES Kepel telah menggunakan alat tersebut untuk meningkatkan nilai jual hasil panen porangnya. Melanjutkan serangkaian kegiatan ini dalam waktu dekat tim mesinporang ITS akan melakukan demo dan pelatihan penggunaan peralatan tersebut.

Berita Terkait