DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
03 Oktober 2023, 14:10

Call for Proposal 2024: The Global Access Fund (GAF)

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Sehubungan dengan adanya Program hibah penelitian dari The Global Access Fund (GAF) untuk memungkinkan masyarakat di seluruh dunia agar hasil penelitian mereka dapat ditemukan. Dengan pendanaan ini bertujuan memberikan dukungan finansial baik untuk kegiatan penjangkauan maupun pembangunan infrastruktur agar organisasi di wilayah dan komunitas yang saat ini kurang terwakili dalam lanskap infrastruktur ilmu pengetahuan terbuka global dapat memperoleh manfaat dari layanan infrastruktur DataCite. GAF adalah bagian dari DataCite Global Access Program (GAP) yang diwujudkan melalui hibah Hibah 2022-316573 dari Inisiatif Chan Zuckerberg.

Tema Penelitian:

Global Access Fund akan mengalokasikan dana untuk proyek-proyek di bidang berikut:

  1. Kegiatan penjangkauan dan keterlibatan untuk mendukung peningkatan kesadaran dan penerapan solusi global dan lokal serta terhubung dengan inisiatif komunitas, seperti: Peningkatan kapasitas untuk memberikan pelatihan kepada administrator penelitian dan pustakawan mengenai infrastruktur terbuka dan dasar-dasar layanan (DOI, metadata, API), implementasi (misalnya integrasi DataCite API dalam repositori dan sistem lainnya, kurasi metadata) dan menunjukkan nilai koneksi ke layanan infrastruktur lokal untuk Komunitas. Acara (Webinar, lokakarya, kampanye komunikasi virtual) untuk mempromosikan infrastruktur terbuka, mendiskusikan dan memperkuat strategi dan rencana partisipasi dan adopsi yang memanfaatkan inisiatif lokal. Pengembangan sumber daya penjangkauan untuk menyampaikan konten (video, konten media sosial, podcast, tutorial, dll.) yang mendokumentasikan kasus penggunaan, kisah sukses, manfaat infrastruktur DataCite dalam konteks lokal/regional, termasuk materi dalam format dan bahasa inovatif selain bahasa Inggris.
  2. Pengembangan dan integrasi Infrastruktur Terbuka untuk mengaktifkan dan meningkatkan adopsi infrastruktur DataCite dan layanan terkait, seperti: Repositori, penerbitan, dan pengembangan serta implementasi sistem lainnya untuk memungkinkan organisasi mengintegrasikan API dan metadata DataCite. Integrasi DataCite API untuk menghubungkan sistem lokal dan nasional dengan DataCite Registry. Pengembangan alat dan sistem baru untuk mendapatkan nilai tambahan dari infrastruktur DataCite (misalnya visualisasi, alat statistik, alat pengayaan metadata, sistem CRIS, dll.).
  3. Demonstrator, sebagai bagian dari program ini dan dengan pendanaan dari Global Access Fund, kami akan berupaya mengidentifikasi dan menginkubasi tiga demonstran di seluruh wilayah. Ketiga pengunjuk rasa tersebut kemungkinan berada di wilayah berikut. Memanfaatkan dan menerapkan layanan infrastruktur internasional terbuka untuk kepentingan masyarakat lokal. Proyek yang diberikan penghargaan harus menciptakan peluang bagi komunitas lokal untuk memanfaatkan infrastruktur DataCite guna meningkatkan visibilitas hasil dan sumber daya penelitian mereka. Memanfaatkan dan/atau membangun layanan infrastruktur lokal dan komunitas yang terbuka. Melalui tema ini, kami ingin memungkinkan organisasi-organisasi lokal untuk menghubungkan solusi-solusi lokal yang ada dengan infrastruktur global, sehingga masyarakat yang saat ini tidak memiliki akses terhadap infrastruktur global dapat terhubung ke dalam ekosistem penelitian global. Memfasilitasi pertukaran pengetahuan masyarakat adat. Saat ini terdapat banyak tantangan seputar pengakuan kearifan lokal. Data dan koleksi masyarakat adat mungkin sulit ditemukan, diberi label yang salah, tidak diatribusikan dengan benar, tidak dapat dicari; Infrastruktur PID dapat membantu memungkinkan pengakuan atas pengetahuan masyarakat adat. Selain aksesibilitas, fokus bidang ini adalah mendanai proyek yang mendukung kedaulatan data Masyarakat Adat melalui registrasi DOI dan metadata.

Persyaratan Peneliti:

  1. Perwakilan pemangku kepentingan nirlaba dalam ekosistem penelitian (misalnya lembaga penelitian, asosiasi, national research and education network (NREN), badan pemerintah, penyedia layanan, dll.) yang berbasis di Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia dapat mengajukan permohonan. Pelamar harus diberi wewenang untuk melamar atas nama organisasinya (badan hukum).
  2. Pendaftaran terbuka untuk organisasi anggota dan non-anggota DataCite.
  3. Preferensi akan diberikan kepada lamaran dari negara-negara yang tergolong berpendapatan rendah atau menengah.

Ketentuan Proposal:

  1. Tingkat pendanaan untuk masing-masing bidang sebagai berikut: (a), Kegiatan penjangkauan: hingga 10.000 EUR. (b), Pembangunan infrastruktur: hingga 20.000 EUR. (c), Demonstrator: hingga 50.000 EUR
  2. Tanggal – tanggal penting: (a), Call for proposals launch: September 1, 2023. (b), Application due date: October 15, 2023. (c), Award decision: December 2023. (d), Awarded projects duration: January 1 – December 31, 2024.
  3. Proses seleksi dan evaluasi pendanaan GAF terdiri dari tiga tahap: (a), Tahap pertama terdiri dari komite GAF yang meninjau semua proposal dan mengambil keputusan mana proposal yang memenuhi syarat untuk dikirim untuk ditinjau eksternal. (b), Tahap kedua, dua reviewer dari daerah berbeda akan meninjau proposal berdasarkan kriteria evaluasi yang telah ditentukan. (c), Tahap ketiga, berdasarkan tinjauan mereka, komite GAF akan memutuskan proposal mana yang akan diajukan ke Dewan DataCite untuk didanai.
  4. Aplikasi yang berhasil melewati ketiga tahap tersebut akan menerima pemberitahuan penghargaan. Pelamar yang lamarannya ditolak akan mendapat feedback dari panitia.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website: https://datacite.org/global-access-fund/ Sedangkan form dokumen pendaftaran dapat diperoleh pada link berikut: https://forms.gle/SoXyzaJKXdPGKN4W8. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi support@datacite.org (Mohamad Mostafa).

Apabila memerlukan lembar pengesahan pimpinan DRPM ITS bisa dikirimkan melalui https://linktr.ee/drpm.its dan konfirmasi di Admin DRPM wa.me/6281333250025.

Demikian surat ini, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran :

Berita Terkait