DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
02 Februari 2022, 10:02

Bunda Indah Masdar Apresiasi ITS dalam Kegiatan ProKUS Lumajang

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Bunda Indah Masdar (tengah) Wakil Bupati Lumajang memberikan sambutan dan membuka kegiatan ProKUS KPM Expo Lumajang 2022 didampingi Tim ProKUS ITS Dr. Achmad Affandi, DEA dan Dra. Dewi Susiyanti Kepala Dinas Sosial  Kabupaten Lumajang.

Lumajang-ITS. Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati Masdar, M.Si. atau yang biasa disapa Bunda Indah Masdar menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada ITS atas perannya sebagai incubator bisnis dalam Mentoring Bisnis untuk Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) di Kabupaten Lumajang. Hal ini disampaikan Bunda Indah Masdar dalam sambutan pembukaan kegiatan ProKUS KPM Expo Lumajang 2022 Sabtu 29 Januari 2022 di Atrium Graha Mulia Plaza Lumajang. Bunda Indah Masdar sangat senang dengan adanya ProKUS KPM Expo Lumajang ini. Dimana peserta stand expo adalah keluarga penerima manfaat (KPM) dari program keluarga harapan (PKH) yang mempunyai usaha. Bunda Indah Masdar berharap melalui ProKUS ini masyarakat menjadi mandiri.

Bunda Indah Masdar membeli produk-produk KPM Expo.

Bunda Indah Masdar juga meminta kepada dinas terkait untuk menindaklanjuti ProKUS Lumajang ini dengan memberikan bimbingan teknis kepada KPM. Mulai dari standar produk, kemasan dan pemasaran. Bunda Indah Masdar berharap suatu saat ada produk-produk KPM Lumajang yang bisa masuk dan dijual di mall seperti GM Plaza ini atau di minimarket-minimarket modern.

Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA  Tim ProKUS ITS menyampaikan tahun ini adalah penguatan kapasitas KPM. ITS memberikan pelatihan dan pendampingan model bisnis canvas, perbaikan kemasan dan penjualan. ITS juga mendampingi KPM dalam pengurusan legalitas usaha dan legalitas produk. Legalitas usaha berupa nomer induk berusaha (NIB), CV ataupun UD. Legalitas produk berupa PIRT atau sertifikasi halal. ITS memberikan bantuan alat atau bahan produksi untuk KPM senilai enam ratus ribu rupiah. Tahun 2022, apabila Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) masih melanjutkan ProKUS, ITS akan fokus pada pemasaran dan digital marketing. Sesuai dengan trend masa kini dan kondisi pandemi.

Stand KPM dengan berbagai produk jualannya.

Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) adalah program Kemensos dalam pengentasan kemiskinan. Sasaran ProKUS adalah keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) yang mempunyai usaha. Apapaun usaha KPM. ITS adalah salah satu yang ditunjuk Kemensos sebagai inkubator bisnis dalam mentoring bisnis untuk ProKUS di Kabupaten Lumajang. Sasaran KPM di Lumajang sebanyak 300 KPMa. Tersebar di Kecamatan Yosowilangun, Kunir, Sukodono dan Lumajang. (sgh).

Berita Terkait