DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
23 April 2021, 09:04

PDPM ITS Turut Berkontribusi Mengevaluasi Persoalan Pembangunan di Kabupaten Tuban

Oleh : itslppm | | Source : -

PDPM ITS konsisten berkontribusi menjadi bagian dari kajian persoalan pembangunan di Indonesia. Pada tanggal 20 April 2021, PDPM ITS berpartisipasi dalam FGD laporan akhir penyusunan dokumen laporan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Evaluasi Angka Kemiskinan Daerah Kabupaten Tuban tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Peserta FGD adalah PLT Kepala Bappeda Tuban (Bapak Agung Tri Wibowo), Kepala Dinas Sosial (Bapak Eko Julianto), Kepala BPS Kabupaten Tuban (Ibu Eko Mardiana), Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tuban dan PDPM ITS. PDPM diwakilkan oleh Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS, Dr. Soedarso, M.Hum selaku wakil kepala PDPM ITS dan Imam Safawi Ahmad, M.Si sebagai tenaga ahli.

 

Data kemiskinan, IPM dan TPT menjadi target untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahun ke depan. Sehingga diharapkan dengan adanya FGD ini, dapat memberikan manfaat untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan jangka panjang Kabupaten Tuban. Menurut Dr. Sutikno, M.Si Permasalahan di Kabupaten Tuban itu berulang, karena belum punya database yang bagus. Hal ini pun dibenarkan oleh bapak Eko Julianto selaku kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban. Validitas data khususnya data kemiskinan masih dipertanyakan, sehingga diperlukan adanya pemutakhiran data DTKS.

Sebagai bahan evaluasi jangka panjang, PDPM ITS memberikan beberapa rekomendasi diantaranya digitalisasi dari data terpadu (database dan dashboard) untuk data kemiskinan, Pelatihan kewirausahaan kaum muda dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengatasi pengangguran dan Pembukaan peluang pangsa pasar lokal dan luar Tuban untuk meningkatkan daya beli masyarakat Kabupaten Tuban.

 

Berita Terkait