DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
23 Maret 2021, 09:03

PDPM Pasang Panel Sel Surya Media Tanam Hidroponik di Kampung Hidroponik Kelurahan Simomulyo

Oleh : itslppm | | Source : -

Jum’at dan Sabtu,  19-20 Maret 2021, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)-DRPM ITS memasang panel serya media tanam hidroponik di Kampung Hidroponik RT 08 RW 07 Kampung Simokalangan Kelurahan Simomulyo Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pendampingan ITS di Kampung Hidroponik. Kerja sama antara Pelindo III dengan PDPM ITS. Pemasangan ini dilaksanakan  oleh 7 mahasiswa elektro yang dipimpin oleh Feby Agung Pamuji, ST., MT., Ph.D Dosen Departemen Elektro ITS.

Desain sistem hidroponik otomatis berbasis energi surya.

Latar belakang pemasangan sistem hidroponik otomatis berbasis energi surya adalah penggunaan listrik yang boros pada media tanam hidroponik. Media tanam hidroponik membutuhkan pengoperasian pompa secara terus menurus. Sehingga membutuhkan listrik yang cukup besar setiap bulannya. Berdasarkan perhitungan biaya pokok penjualan yang dilakukan oleh Pak Nugroho dan anggota Kampung Hidroponik, biaya listrik cukup besar. Dengan pemasangan sistem hidroponik berbasis eneri surya, biaya listrik dapat ditekan. Dengan sistem otomatis ini, pompa akan menyala otomatis, efektif dan efisien. Penyalaan pompa dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dalam waktu 24 jam, pompa bisa diatur menyala berapa kali dan berapa lama(menit) pompa menyala. Pengaturan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan. Tim PDPM akan memantau dan membantu untuk pengaturan penyalaan pompa. Warga kampung hidroponik akan diajari cara pengaturan pompa, pengecekan dan perawatan pompa.

Mahasiswa ITS memasang sel surya di atap rumah Pak Nugroho

Prisma, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam desain dan pemasangan panel sel surya ini mengatakan tidak ada kesulitan dalam pemasangan ini. Karena sudah berpengalaman mendesain dan memasang sel surya di beberapa tempat. Yang perlu diperhatikan adalah pengecekan dan perawatan sel surya. Agar sel surya ini bisa awet dan optimal dalam menghasilkan energi listrik. Selama proses pendampingan, tim PDPM akan membantu warga kampung hidroponik dalam pengecekan dan perawatan sel surya dan pompa air hidroponik.

Pak Nugroho, Ketua Kampung Hidroponik berharap dengan adanya sistem hidroponik otomatis berbasis energi matahari di Kampung Hidroponik menjadikan warga semangat dan antusias. Sehingga Kelurahan Simomulyo bisa menjadi pusat pembelajaran dan penjualan tanaman hidroponik. Hal ini sesuai dengan visi misi warga Kampung Hidroponik yang ingin menjadikan Kampung Hidroponik sebagai eduwisata berbasis tanaman hidroponik. Hal ini sejalan dengan rencana ITS yang akan menjadikan Kampung Hidroponik ini sebagai laboratorium penelitian. Termasuk untuk implementasi dan pengembangan sistem hidroponik otomatis berbasis energi matahari.

Mahasiswa ITS berpose di media tanam hidroponik dan panel sel surya

 

Berita Terkait