DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
06 Agustus 2020, 09:08

PDPM ITS dan Trend Kenaikan IPM Tuban

Oleh : itslppm | | Source : -

Selain melakukan kajian mengenai Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Pusat kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PK-PDPM) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban telah menerbitkan laporan Indeks Pembangan Manusia (IPM) tahun 2019 pada Bulan Juni 2020. Kegiatan Kajian ini merupakan tahun kedua kerjasama antara PK PDPM ITS dengan Bappeda Kabupaten  Tuban.

Selama 7 tahun terakhir capaian IPM Kabupaten Tuban mengalami peningkatan rata-rata 0,76 persen per tahun sejak tahun 2013 sampai dengan 2019. Pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 0,94 persen dari periode sebelumnya, yakni sebesar 68,37. Meskipun nilai IPM ini berada pada kategori sedang (antara 60 – 70), angka tersebut telah melebihi dari yang ditargetkan oleh pemerintah, sebesar 67,22. Menurut kepala PK-PDPM, Dr. Sutikno, M.Si bahwa nilai IPM ini berada pada peringkat 27 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur

Perkembangan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tuban Tahun 2013 – 2019
Sumber data : Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, 2020 (diolah)

 

Pada masa pandemi covid 19 ini, tantangan selanjutnya adalah bagaimana IPM Kabupaten Tuban mengalami peningkatan kembali, terutama menaikkan peringkat di Jawa Timur. PK – PDPM melakukan perhitungan IPM dengan mempertimbangkan 3 komponen penyusunnya, yakni indikator kesehatan, pendidikan, serta pengeluaran rumah tangga makanan dan non makanan. PK – PDPM memberikan rekomendasi, arahan kebijakan, hingga program-program untuk meningkatkan IPM Kabupaten Tuban pada tahun selanjutnya. Adapun sebagian program yang direkomendasikan antara lain Program Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga; Program Peningkatan Kesehatan ibu, Anak dan remaja; Program Pemberdayaan Pengelolaan Lingkungan; Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah; dan lain-lain.

Berita Terkait