News

Menuju Endemi, Mahasiswa di Surabaya Beri Edukasi Lewat Poster dan Komik Digital

Sel, 19 Jul 2022
12:00 pm
Berita
Share :
Oleh : dkvadmin   |

Mahasiswa Departemen DKV ITS dengan hasil karya masing-masing berupa Poster Ilustrasi dan Komik Digital.

 

Sudah dua tahun berlalu, kasus COVID-19 di beberapa negara termasuk Indonesia telah mengalami penurunan. Meski demikian, masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan dan mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah untuk memerangi Virus Corona. Guna meredakan gelombang pandemi ini, dibutuhkan beberapa langkah, salah satunya dalam hal edukasi dan sosialisasi. Hal inilah yang dilakukan tim Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Desain Komunikasi dan Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang mengajak masyarakat luas untuk merealisasikan pandemi menjadi endemi lewat media poster ilustrasi dan komik digital. Rabendra Yudistira Alamin, Dosen Departemen DKV ITS mengatakan, dalam memberikan edukasi tersebut tim Abmas DKV bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku dalam menggalakkan konsep edukasi berbasis desain digital.

Menurutnya, edukasi melalui media ini memiliki penetrasi luas karena menjangkau berbagai lapisan masyarakat, khususnya media sosial. “Dari hasil kurasi yang kami lakukan ada 16 poster edukasi sudah diunggah sebagai bagian dari edukasi berseri, dan 12 komik karya mahasiswa DKV ITS masih proses editing. Semua karya mahasiswa ini akan dipublikasikan secara digital melalui media sosial instagram @satgasperubahanperilaku,” ucapnya, Selasa (19/7).
Beberapa hasil luaran Tim Abmas berupa ilustrasi poster dan komik digital karya mahasiswa Departemen DKV ITS.
Ia menuturkan, poster-poster tersebut memiliki konten yang beragam dan dikemas dalam ilustrasi yang menarik. Untuk 12 komik dikemas dalam format kompilasi digital, mulai dibuat pasca Ujian Tengah Semester (UTS) di tahun ajaran genap 2021/2022 dan ditargetkan untuk rilis pada akhir tahun 2022 mendatang. Secara keseluruhan, isi dari karya yang diunggah juga terdiri dari berbagai macam kisah inspiratif dari sudut pandang yang menarik. Materi yang diusung dalam poster dan komik berisi hal-hal positif untuk mendukung situasi transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi COVID-19.
Beberapa di antaranya seperti ajakan untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak), ajakan untuk vaksin dosis ketiga, menjaga kesehatan mental di kala pandemi, serta ajakan mudik dan sekolah tatap muka dengan aman dan sehat. “Semoga dengan adanya karya-karya ini, masyarakat selalu menjaga kewaspadaan dan tetap patuh pada protokol kesehatan sehingga upaya mengubah pandemi menjadi endemi dapat segera terwujud,” pungkasnya.

Hits: 4

Latest News

  • Pecah Rekor! Dosen ITS Jadi Penerima Habibie Prize Termuda dalam Sejarah

    Source : https://brin.go.id/gallery?id=179&slug=habibie-prize-2022 Jakarta – Humas BRIN, Penghargaan Habibie Prize 2022 diberikan kepada empat orang yang berkontribusi aktif di

    10 Nov 2022
  • LOMBA KREATIF TENNOVEX ITS 2022

        LOMBA KREATIF TENNOVEX ITS 2022 DI GRAND CITY MALL KOMIK STRIP dengan tema “Hari Pahlawan”. CP :

    05 Nov 2022
  • Mahasiswa ITS Boyong Dua Medali Emas di Peksiminas 2022

    (dari kiri) Asyroful Anam, Bahalwan Apriyansyah (dosen Departemen Manajemen Bisnis ITS), Tania Andini Susanto, dan Naufan Noordyanto usai pengumuman

    31 Okt 2022