News

Mahasiswa DKV ITS Bareng NLC Edukasi Kesehatan Mata Lewat Pameran Ilustrasi

Kam, 07 Jul 2022
2:14 pm
Informasi
Share :
Oleh : dkvadmin   |

Lebih dari 40 ilustrasi karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dipamerkan di Galeri National Lasik Center, pada Sabtu (18/6/2022) sampai Minggu (19/6/2022).

Pameran ilustrasi mahasiswa DKV ITS angkatan tahun 2020 ini mengangkat tema ‘Kesehatan Mata’.

Sejumlah desain unik yang terlihat seperti ilustrasi mata yang memakan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Ilustrasi cahaya dari gadget dan laptop yang digambarkan menciderai mata, beberapa keluhan mata, hingga ilustrasi penglihatan yang terganggu, disampaikan dengan desain yang unik dan kreatif.

Pameran Ilustrasi yang berlokasi di Galeri National Lasik Center (NLC) – Pusat Lasik Surabaya ini, dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Imam Baihaqi, ST M.Sc Ph.D.

Dikatakannya, pameran ilustrasi ini merupakan hasil dari tugas akhir atau ujian mandiri para mahasiswa DKV ITS dan terbuka untuk umum.

“Poster ini merupakan media yang berperan penting sejak zaman dahulu, untuk intervensi sosial dan membangun semangat,” ujar Imam, Sabtu (18/6/2022).

Menurutnya, edukasi terkait kesehatan mata melalui poster ini akan berdampak baik bagi masyarakat,

Terlebih lagi, karya-karya ini akan didaftarkan dan memiliki hak cipta.

Sementara itu, Manager Marketing National Lasik Center (NLC) Rijaal Alhaq mengaku sangat mengapresiasi karya-karya mahasiswa DKV ITS ini.

Rijaal menjelaskan, bahwa Galeri NLC yang berlokasi di lantai atas Pusat Lasik National Lasik Center (NLC) ini memang disediakan untuk memberiksan fasilitas bagi para seniman atau masyarakat yang memiliki karya sebagai tempat untuk pameran agar banyak yang bisa menikmati karya mereka.

“Kebetulan, karya ilustrasi dari mahasiswa DKV ITS ini adalah tentang kesehatan mata yang berkaitan erat dengan NLC sebagai pusat Lasik ya,” tuturnya.

Rijaal berharap, dengan edukasi yang unik dan fresh tentang kesehatan mata ini, semakin banyak pula masyarakat, khususnya anak muda yang semakin peduli dengan kesehatan matanya.

Rijaal juga mengungkapkan, sejatinya, banyak dari anak muda mengalami kelainan refraksi seperti mata minus, silinder, tapi mereka abai untuk menggunakan kacamata atau bahkan periksa rutin.

“Padahal, banyak kasus kebutaan yang terjadi karena kelainan refraksi yg tidak terkoreksi,” imbuhnya.

Ia memaparkan, prevalensi atau populasi penderita Rabun Jaun (Miopia) dewasa sebesar 48,1 persen pada orang dewasa berusia di atas 21 tahun yang mempengaruhi produktivitas.

“Berkaca dari hal itu dan mengingat NLC sendiri juga memiliki layanan yang cukup banyak seperti: Myopia center, Estetika mata (Eyesthetic Center), dry eye center, hingga Cataract Center, maka edukasi ini sangat membantu meningkatkan kepedulian masyarakat atas kesehatan mata.

Jadi edukasi tentang kesehatan mata ini sangat penting,” sambung dia.

Sementara itu, salah atu pengunjung pameran DKV ITS Ammiril Bachtiar, mengatakan dirinya sangat tertarik dengan pameran seni, salah satunya ilustrasi.

Pria asal Sidoarjo ini mengaku, pameran ilustrasi ini terkesan unik karena jarang pameran ilustrasi yang mengangkat tema kesehatan mata.

“Banyak insight baru dan edukasi-edukasi kesehatan mata yang baru saya tahu juga,” ungkap Ammiril.
Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Mahasiswa DKV ITS Bareng NLC Edukasi Kesehatan Mata Lewat Pameran Ilustrasi, Mahasiswa DKV ITS Bareng NLC Edukasi Kesehatan Mata Lewat Pameran Ilustrasi – Surya.co.id (tribunnews.com)
Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Titis Jati Permata

Latest News

  • ITS ajak UMKM bangkit melalui pameran DKV Promosi Exhibition 2022

    Surabaya (ANTARA) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengajak 18 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur bangkit

    07 Jul 2022
  • Mahasiswa DKV ITS Bareng NLC Edukasi Kesehatan Mata Lewat Pameran Ilustrasi

    Lebih dari 40 ilustrasi karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dipamerkan di Galeri National Lasik Center, pada

    07 Jul 2022
  • DKV ITS Memperkenalkan Kuliner Khas Blitar Melalui Karya Film Dokumenter

    Selain terkenal dengan wisata sejarahnya, Kota Blitar juga memiliki kekayaan cita rasa kuliner. Melalui pendekatan sinematik, mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV)

    07 Jul 2022