BURB

BIRO UMUM DAN REFORMASI BIROKRASI
17 Juni 2021, 09:06

ITS Berupaya Memperbaiki Standar Pelayanan Publik melalui Forum Konsultasi Publik

Oleh : itsedo | | Source : -

ITS Berupaya Memperbaiki Standar Pelayanan Publik melalui Forum Konsultasi Publik

Forum Konsultasi Publik yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Terpadu, Biro Umum dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 17 Juni 2021 merupakan kegiatan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik di lingkungan ITS dengan pengguna layanan untuk membahas antara lain rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan, ataupun permasalahan terkait pelayanan publik dalam kerangka transparansi dan efektivitas untuk meningkatkan kualitas dan perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan ITS. Sambutan dan arahan dilakukan oleh Bapak Dr. Eng, Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng, CSCP, CLTD sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Teknologi Sistem Informasi ITS beserta Kepala Biro Umum dan Reformasi Birokrasi yaitu Bapak Drs.Ec., Murtriyono, M.Si.

Berdasarkan Undang Undang nomor 25 tahun 2009 tentang layanan publik bahwa penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan. Dalam menyusun dan menetapkan standar pelayanan, penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait. Kegiatan Forum Konsultasi Publik dihadiri oleh alumni, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, ahli/praktisi, organisasi masyarakat dan media massa dan dalam kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Bapak Achmad Azmi Musyaddad, S.Ip., M.Ip. selaku Narasumber dan sekaligus perwakilan organisasi masyarakat dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur karena menurut beliau bahwa ITS merupakan Perguruan Tinggi yang salah satunya  telah menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik dengan tujuan perbaikan Standar Pelayanan Publik dan keterbukaan akses layanan publik bagi pengguna dan masyarakat.

Sebagai bentuk keberlanjutan dalam perbaikan Standar Pelayanan Publik agar tercapai layanan prima maka pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini menghasilkan mufakat antara penyelenggara dan pengguna layanan ITS dimana hasil tersebut akan dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor ITS dan Maklumat Layanan. Beberapa masukan dari pengguna adalah perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana terutama untuk layanan fasilitas umum dan asrama mahasiswa ITS. Keterbukaan informasi terhadap masyarakat umum perlu ditingkatkan dengan kegiatan sosialisasi di media sosial, serta konsistensi antara penyelenggara layanan terhadap jangka waktu penyelesaian layanan yang telah ditentukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait