BURB

BIRO UMUM DAN REFORMASI BIROKRASI
27 Februari 2021, 19:02

Softlaunching dan Sosialisasi myITSCourier

Oleh : Sri Lestari | | Source : -

Biro Umum dan Reformasi Birokrasi (BURB) sebagai salah satu biro yang mempelopori transformasi layanan digital di lingkungan ITS, telah meluncurkan satu aplikasi terbarunya yaitu myITS courier. Aplikasi ini berfungsi untuk mempermudah layanan distribusi pengelolaan paket dinas dari eksternal maupun internal kampus ITS. Tepatnya tanggal 24 Maret 2021, melalui media daring.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang III, Dr.Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng, Direktur Pengembangan Teknologi dan Informasi (DPTSI), Rizky Januar Akbar, S.Kom., M.Eng dan Kepala Biro Umum dan Reformasi Birokrasi serta dihadiri oleh jajaran Kepala Bagian dan Kepala Subbagian serta para operator myITS courier di lingkungan ITS.

Aplikasi myITS Courier sendiri merupakan penyempurnaan dari aplikasi yang sebelumnya telah diinisiasi oleh anggota Tim Caraka pada Sub Bagian Tata Usaha dan Kesekretariatan, dengan melihat kondisi pengelolaan selama ini masih sangat konvensional. Dan saat ini telah dikembangkan lebih baik dan memiliki 2 platform yaitu webbased dan android.

Fitur yang dikembangkan pada versi 1 ini cukup sederhana, yaitu untuk mengelola paket dari eksternal ke seluruh unit dan sekaligus untuk melakukan penjemputan dan penghantaran paket antar unit di lingkungan ITS.  Pada fitur pengguna yakni pegawai, dosen dan mahasiswa, tersedia fitur untuk pelacakan paket secara mandiri. Sedangkan pada pengguna operator myITScourier yang berada pada tiap unit ITS, telah dilengkapi dengan fitur request (permintaan) penjemputan, cetak label tujuan dan tracking status penghantaran paket antar unit dilingkungan ITS.

Fokus utama yang dikembangkan pada tahap permulaan adalah fitur pada Caraka sendiri, dimana terdapat fitur yang sangat membantu para caraka untuk mendapatkan informasi unit, jumlah paket, tujuan mana paket akan dijemput dan dihantar. Dengan demikian, Caraka ITS tinggal melakukan capture berupa QR-code yang telah dilabelkan pada paket tersebut. Selain itu, terdapat fitur pendung diantaranya monitoring status dan map navigasi yang sangat memudahkan bagi caraka untuk mengetahu titik koordinat unit yang memesan.

 

editor by :

-sl-

Berita Terkait