News

MANIKITS – MANIK BIOFERTILIZER PADA TENNOVEX 2022

Kam, 24 Nov 2022
7:46 am
Berita terbaru
Share :
Oleh : adminagrifotech   |

Hallooo….

Sahabat Agrifotechers ITS

Berikut nih ada produk lain dari Puslit Agrifotech yang juga hadir di pameran TENNOVEX 2022 di Grand City Mall tanggal 9-13 November 2022 kemarin.

Produknya yaitu MANIKITS.

MANIKITS pada TENNOVEX 2022 di Atrium Grand City Mall, Surabaya.

MANIKITS adalah produk biofertilizer berupa manik biofertilizer. Manik biofertilizer ini berbasis Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan jamur pendegradasi bahan organik. Manik biofertilizer dibuat dengan cara immobilisasi sel, dan liofilisasi freezedrying sehingga terbentuk butir padat. Manik biofertilizer ini dibuat dengan campuran dari bakteri dan jamur. Konsep yang digunakan pada manik biofertilizer ini mirip dengan pupuk NPK. Akan tetapi, berbeda secara bahan baku karena manik biofertilizer menggunakan bahan alami dan organik yang tidak menimbulkan residu pada lingkungan. Jadi manik ini sangat bermanfaat membantu para petani untuk menyuburkan tanah, meningkatkan pertumbuhan tanaman, dengan tidak merusak lingkungan lho. Jadi, sangat bermanfaat sekali.

Campuran MANIKITS, terdiri dari jamur dan bakteri.

Aplikasi Manikits yang ramah lingkungan dapat mempertahankan dan memperkaya mikroba tanah dan nutrisi alami, mendukung lahan pertanian, tanpa meninggalkan eksudat kimia sintetis berbahaya. Aplikasi manikits ini bisa dilakukan pada berbagai tanaman pangan seperti jagung, kedelai, dan sebagainya. Penggunaan manikits dalam jangka panjang dapat mempertahankan struktur tanah dan kesuburan tanah, serta dapat mengurangi penggunaan pupuk NPK.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Puslit Agrifotech ITS, Gedung Riset Center Lantai 10 Kampus ITS Sukolilo Surabaya atau melalui email agrifotech@its.ac.id

Latest News

  • Peneliti ITS menghadiri 2nd Technical Meeting Roundtable Ganoderma Management (RGM)

    Halo Agrifotechers… Pada Selasa, 5 Maret 2024, para peneliti ITS yang terdiri dari Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri M.Si., Dr.

    06 Mar 2024
  • Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

    Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti

    06 Mar 2024
  • Workshop Penulisan Ilmiah bersama Universiti Malaysia Perlis

    Halo Agrifotecherrs… Agrifotech mengundang seluruh Mahasiswa Biologi ITS untuk Hadir dalam acara

    10 Jul 2023