Virtual Reality Uji Impak

Deskripsi:
Piranti lunak Virtual Reality Uji Impact (VR Impact Testing) adalah piranti lunak berbasis Virtual Reality yang dikembangkan oleh Tim dari Departemen Teknik Mesin Industri ITS sebagai media pembelajaran Mata Kuliah Ilmu Bahan yang menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (Selama Pandemi COVID-19) dan dapat dijalankan oleh mahasiswa secara mandiri.

Praktikum Uji Impak merupakan bagian dari serangkaian praktikum yang dilaksanakan dalam Mata Kuliah Ilmu Bahan (Uji tarik, Uji Jominy, Perlakuan panas, Metalografi, dll). Dengan media pembelajaran Augmented Reality ini diharapkan mahasiswa mampu memahami materi ilmu bahan terutama karakteristik material logam saat mengalami uji impak.
Dalam pengoperasian Aplikasi VR ini, diperlukan perangkat Oculus Quest 2 beserta controllernya sebagai kelengkapan praktikum Uji Impak berbasis Virtual Reality.

Lebih lanjut, aplikasi VR Uji Impak ini dapat dilakukan instalasi di komputer dengan cara mengunduh installer VR Uji Impak berikut.

Aplikasi Virtual Reality Uji Impak ini dibangun sebagai bagian modul pembelajaran tipe A yang didukung Program Fasilitasi Modul Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2021.