News

Lokakarya Focus Group Discussion Departemen Teknik Mesin Industri

Rab, 11 Jan 2023
12:27 pm
Berita
Share :
Oleh : tmiadmin   |

Pengembangan Kurikulum merupakan hak dan kewajiban setiap perguruan tinggi yang dimana terdapat dalam program MBKM. Dosen Departemen Teknik Mesin Industri, Fakultas Vokasi ITS menggelar kegiatan workshop Lokakarya yang dilakukan secara offline pada hari Jum’at, Tanggal 6 Januari 2023 dengan Tema “Lokakarya Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kurikulum 2023 – 2028” untuk mendukung jalannya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan keberhasilan pelaksanaan kurikulum pada Departemen Teknik Mesin Industri. Acara tersebut di isi oleh 5 (lima) pemateri yang berasal dari eksternal Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yakni pemateri pertama Bpk . Acep Moi Kokong, ST., MT yang merupakan Head of Engineering PT. Pembangkitan Jawa Bali Services, pemateri kedua yaitu Bpk. Ir. Setyo Nugrowibowo, MT merupakan Manager Melting dan Laboratory PT. Prima Alloy Steel Universal Tbk, pemateri ketiga Bpk. Akhmad Sujono, ST – General Manager of Infrastructure Sales, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, pemateri keempat Bpk. Ajiono Rahmadhani, ST – Manager Supply Chain Management Maintenance and Planning PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan terakhir adalah pemateri kelima yaitu Bpk. Dr. Priyo Agus Setiawan, ST., MT merupakan Ketua Jurusan Teknik Permesinan Kapal – Politektik Perkapalan Negeri Surabaya.

Adapun tujuan dilaksanakannya Lokakarya Focus Discussion (FGD) ini yaitu untuk penguatan kurikulum pada Departemen Teknik Mesin Industri (DTMI) yang dimana saat ini DTMI sedang mempersiapkan Kurikulum yang baik dan sesuai dengan Standart Kurikulum yang ada di ITS yag akan diberikan kepada Mahasiswa DTMI, dengan mengikuti kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang saat ini telah dilaksanakan oleh pemerintah melalui kemendikbud. Dalam acara ini DTMI membutuhkan masukan dan saran-saran dari dunia industry baik untuk prodi TRKE maupun TRM. Hal ini diharapkan dapat mengupdate kesesuaian proses belajar mengajar di kampus dalam hal ini kurikulum yang berkaitan erat dengan mahasiswa untuk materi-materi atau kompetensi yang dibutuhkan dunia industry saat mahasiswa DTMI sudah lulus dan siap memasuki dunia industry. Adanya lokakarya ini juga bertujuan untuk sharing session dan temu alumni kekurangan dalam kurikulum atau proses belajar mengajar yang selama para alumni (narasumber) telah tempuh dikampus ITS dulu. Sehigga lokakarya ini diharapkan menghasilkan saran-saran untuk menunjang proses belajar mengajar di DTMI menjadi lebih baik.

Lokakarya Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kurikulum 2023 – 2028 dilaksanakan dengan harapan agar, Departemen Teknik Mesin Industri dapat menjalankan Kurikulum yang sesuai standard dengan sebagaimana mestrinya dan memuwujdkan Profil Lulusan Teknik Mesin Industri yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan profesional dalam bidang teknik mesin, sehingga mampu bekerja dibidangnya, mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta jiwa kewirausahaan.

Latest News

  • Lokakarya Focus Group Discussion Departemen Teknik Mesin Industri

    Pengembangan Kurikulum merupakan hak dan kewajiban setiap perguruan tinggi yang dimana terdapat dalam program MBKM. Dosen Departemen Teknik Mesin

    11 Jan 2023
  • Irving Patria berbagi ilmu “Pengenalan Manajemen Proyek”

    Kuliah Tamu “Pengenalan Manajemen Proyek di Industri Minyak dan Gas”   Bertepatan hari Kamis, 24 Nopember 2022 pukul 10.00

    28 Nov 2022
  • Nogogeni ITS Pertahankan Gelar Juara di KMHE 2022

    Tim mobil hemat energi Nogogeni ITS kembali sukses mempertahankan gelar juaranya pada Kompetisi Mobil Hemat Energi ( KMHE )

    14 Nov 2022