News

Kegemaran bersepada membawa Prestasi

Sel, 27 Nov 2018
3:09 pm
Berita
Share :
Oleh : tmiadmin   |

Bersepeda kini jadi tren di masyarakat. Namun, bersepeda tidak hanya bisa dilakukan di daratan. Tapi, juga di permukaan air. Untuk itu, Tiga Mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri mengembangkan sepeda air (water bike) yang akan diikutsertakankan dalam ajang lomba Water Bike Marine Icon Competion, yang diselengarakan oleh Himpunan Teknik Sistem Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tanggal 16 – 17 Nopember 2018.

Tim water bike ini dinamakan Cakra Baswara EVO membuat project pengabdian mahasiswa yang berbasis kebutuhan dan aplikasi ke masyarakat. Mereka tergoda dengan mengalihkan nggowes di medan air kerena setiap wisata air menyediakan sepeda air berbentuk bebek. Tapi dengan bersepeda sporty dan tampak gagah diatas air belum tersedia. “Nggowes kini sudah trend sekaligus gaya hidup. Tak ada salahnya mencoba sepeda di atas air yang menyenangkan tapi juga menyehatkan dan sporty,” Jelas Aprisko, selaku manajer tim Cakra Baswara EVO.

Aprisko menjelaskan “Kali ini Tim Cakra Baswara Evo mampu meraih prestasi yang sangat membanggakan bagi Departemen Teknik Mesin Industri. Prestasi yang di raih meliputi : Juara 1 Kategori Race, Juara 1 Kategori Endurance dan Juara Umum.”

“Pengembangan sepeda air ke depannya juga diharapkan dapat mendukung pariwisata Surabaya yang berbasis sungai, dan tentunya pengembangan-pengembangan produk water bike berikutnya tetap menggunakan material bekas dan ramah lingkungan sehingga mampu memberikan nilai tambah,” tambahnya.

Sepeda air sudah banyak dikembangkan, namun sepeda air yang dikembangkan oleh mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ini memiliki adjuster (operan gigi) seperti pada sepeda yang memiliki operan gigi pada umumnya, tujuannya untuk meningkatkan kecepatan atau bersepeda santai, ditambahlagi ada anti slip pada pedal sepeda yang digunakan agar tidak terpeleset saat mengayuh, sedangkan pada sadel sepeda diberi soft cover agar lebih comfortable saat bersepeda. “semoga kedepannya Cakra Baswara Evo dapat meraih prestasi yang lebih  baik dari ini,” imbuhnya. (dee_ea)

Latest News

  • Hari Terakhir OKKBK DTMI 2022

    Hari Terakhir OKKBK DTMI 2022 dengan Outbound, Materi Peran Fungsi mahasiswa, Pengenalan HMDM dan Inagurasi.   Setelah mendapatkan materi

    22 Agu 2022
  • Pengenalan Laboratorium DTMI di hari ketiga OKKBK

    Setelah kemarin (17/8) beberapa orang perwakilan dari mahasiswa baru DTMI tahun 2022 hadir dalam upacara Kemerdekaan  RI ke 77

    22 Agu 2022
  • Hari kedua OKKBK, Kemahasiswaan, PKM, Wawasan Profesi dan Alumni

    Setelah melaksanakan Orientasi Keilmiahan dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK) hari pertama (15/8) dengan lancar dan baik, maka hari ini

    18 Agu 2022