Aplikasi Augmented Reality Penyederhanaan Gambar (ARPeGa)

Deskripsi:

Aplikasi Augmented Reality Penyederhanaan Gambar (ARPeGa) adalah aplikasi berbasis Augmented Reality yang dikembangkan oleh Tim dari Departemen Teknik Mesin Industri ITS untuk menjadi media pembelajaran yang menunjang Pembelajaran Jarak Jauh dan dapat dijalankan secara mandiri.

Penyederhanaan Gambar merupakan bagian dari Mata Kuliah Menggambar Mesin di Departemen Teknik Mesin Industri. Dengan media pembelajaran Augmented Reality ini diharapkan mahasiswa mampu memahami materi penyederhanaan gambar (simplified representation) dari komponen-komponen mesin serta cara pembuatan gambar teknik 2 dimensinya.

Dalam pengoperasian Aplikasi AR ini, model 3D dari komponen akan ditampilkan pada aplikasi ARPeGa ini dan cara penggambaran 2D dalam gambar teknik ditampilkan pada Dokumen ARPeGa yang dapat diunduh di aplikasi ini.

Aplikasi ARPeGa ini dibangun sebagai bagian modul pembelajaran tipe B yang didukung Program Fasilitasi Modul Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2021.

Lebih lanjut, aplikasi ARPeGa dapat ditemukan di playstore android dengan kata kunci ARPEGA atau dapat diunduh melalui tautan Download ARPeGa.