News

Tenaga Kependidikan DTK diberi kesempatan untuk mengikuti BIMTEK PLP di Batam

Rab, 28 Mar 2018
11:19 AM
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS selalu berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi & profesionalisme tendiknya. Salah satu bentuknya adalah mengupayakan pencapaian jabatan fungsional PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) bagi tendik yang berpotensi.

DTK News – Pada Tanggal 13 s/d 16 Maret 2018 Kemenristekdikti menggelar Diklat PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) bertempat di Hotel Nagoya Mansion Batam, Jl. Imam Bonjol Kampung Utama Street No 1 Nagoya, Lubuk Baja, Kepulauan Riau. Pelatihan BIMTEK (Bimbingan Teknis) ini diikuti oleh peserta dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Diantaranya dari ITS, UGM, IPB, UNPAD, dan Poltek Negeri Bali. Sebagai bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan kompetensi tendiknya, maka untuk acara ini Kepala Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS, Dr. Eng. Rudi Walujo Prastianto mengirimkan dua orang tendiknya yaitu: Zuhud Ubaidillah (calon PLP) dan Dwi Purnomo Hendradata (PLP Madya).

Pembukaan acara Bimtek oleh Prof. Bunyamin Maftuh dan Andi Setiawan Ph.D dari Ristekdikti

Selama Pelatihan Diklatfung (Pendidikan dan Pelatihan Fungsional) ini, semua peserta harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. Hal ini menjadi salah satu unsur penilaian untuk kelulusan BIMTEK dan mendapat sertifikat, yang mana sebagai salah satu syarat untuk bisa menjadi PLP. Sedangkan lingkup materi yang dipersiapkan oleh panitia bimtek PLP di Batam ini adalah:Selama Pelatihan Diklatfung (Pendidikan dan Pelatihan Fungsional) ini, semua peserta harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. Hal ini menjadi salah satu unsur penilaian untuk kelulusan BIMTEK dan mendapat sertifikat, yang mana sebagai salah satu syarat untuk bisa menjadi PLP. Sedangkan lingkup materi yang dipersiapkan oleh panitia bimtek PLP di Batam ini adalah:

  1. Materi pembekalan Kompetensi Sosial dan Kultural serta Pendidikan Karakter,
  2. Materi tentang pemeliharaan alat dan bahan,
  3. Materi Rencana Kegiatan Laboratorium yang harus dikerjakan oleh PLP,
  4. Materi Kebijakan Pembinaan Karir dan Prosedur Pengusulan DUPAK, serta
  5. Pembekalan Kompetensi Manajerial dan Pelayanan Prima.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Ir. Wisnu Sardjono Soenarso, M. Eng. menyampaikan bahwa PLP adalah unsur penunjang yang sangat penting untuk perkembangan riset di Perguruan Tinggi atau di Lembaga LITBANG, karena seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berstatus sebagai PLP dituntut semakin professional dan mempunyai wawasan luas. (zhd, erwepe)

 

Dok. Kegiatan :

Prof. Bunyamin Maftuh memberikan pengarahan kepada peserta BIMTEK PLP

Peserta BIMTEK PLP visitasi ke Politeknik Negeri Batam. Peserta dari DTK-ITS, Zuhud Ubaidillah (berdiri paling kiri) dan Dwi Purnomo Hendradata (Jongkok paling kiri).

Penutupan acara Bimtek bertempat di Ruang Sidang Politeknik Negeri Batam

Latest News

  • Boost Your Mood for Exploring Wider World

    Pada Selasa, 7 Desember 2021 diselenggarakan Sharing Session bertemakan “Boost Your Mood for Exploring Wider World” yang diisi oleh 

    13 Des 2021
  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021