News

Penjajakan kerja sama riset dan pertukaran mahasiswa dengan Department of Engineering Science and Ocean Engineering (DESOE), National Taiwan University (NTU)

Kam, 26 Apr 2018
4:53 PM
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Upaya menjaring kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi luar negeri yang bereputasi (kaliber Internasional) senantiasa dilakukan oleh Departemen Teknik Kelautan (DTK) – FTK – ITS guna peningkatan jejaring internasional, mutu proses belajar-mengajar, penelitian dan publikasi dosen dan mahasiswa DTK.

Acara diskusi tentang kerjasama Internasional ini dilaksanakan di Kantor FTK Gedung rektorat ITS pada Rabu 25 April 2018, yang dihadiri oleh Wadek FTK (Dr.Eng. Sutopo Purwono Fitri), Perwakilan International Office (IO) ITS (Dr.Eng. Trika Pitana), Kadep dan Sekdep Teknik Kelautan ITS (Dr.Eng. Rudi W. Prastianto dan Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D), Kadep Teknik Perkapalan ITS (Wasis Dwi Aryawan, Ph.D) dan Kadep Teknik Sistem Perkapalan ITS (Dr.Eng. Muhammad Badrus Zaman). Sementara delegasi dari DESOE-NTU terdiri dari 2 orang yaitu Prof. Dr.-Ing. Shiu-Wu Chau dan Prof. Kung-Yen Lee, Ph.D.

Suasana diskusi dengan delegasi NTU Prof. Dr.-Ing. Shiu-Wu Chau dan Prof. Kung-Yen Lee, Ph.D. tentang berbagai hal yang bisa dikerjasamakan

Delegasi NTU Prof. Dr.-Ing. Shiu-Wu Chau dan Prof. Kung-Yen Lee, Ph.D.

Secara umum kunjungan ini bertujuan untuk membangun kerjasama akademik antara ITS (dalam hal ini FTK) dengan National Taiwan University (NTU) dalam bidang Teknik Perkapalan (Naval Architecture) dan Teknik Kelautan (Ocean Engineering). Dalam diskusi secara khusus dibicarakan topik tentang riset bersama dan pertukaran pelajar serta bentuk kerja sama lainnya yang memungkinkan seperti studi lanjut (program doktor) bagi staff dosen DTK.

Lingkup kerjasama yang ditawarkan delegasi DESOE-National Taiwan University (NTU)

Bahwasanya NTU merupakan sebuah universitas berkaliber Internasional yang mana secara nasional di Taiwan menduduki peringkat pertama. Beberapa lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia telah mengakuinya. Lembaga QS World University Rankings (2016–2017) menempatkan NTU di urutan ke-68 dunia dan ke-21 di tingkat Asia. Sementara itu menurut Times Higher Education World University Rankings NTU menempati posisi ke-195 di dunia (2017) dan ke-15 di Asia (2016). Sedangkan Center for world University Rankings (CWUR) menempatkan NTU di peringkat ke-53 dunia dan bertengger di puncak peringkat (ke-1) di Taiwan (2016). Berdasarkan U.S. News & World Report, pada pemeringkatan Best Global Universities di 2017, NTU menduduki peringkat ke-144 di dunia dan ke-14 di Asia. [Wikipedia.org, 2018].

 

Kadep Teknik Kelautan (Dr.Eng. Rudi W. Prastianto) bertukar cinderamata dengan wakil delegasi NTU (Prof. Dr.-Ing. Shiu-Wu Chau).

Lingkup kerjasama yang ditawarkan delegasi DESOE-National Taiwan University (NTU

Beberapa hasil yang didapat dari pertemuan ini adalah: kerjasama riset utamanya dalam bidang hidrodinamika kapal dan BLP, serta turbin listrik energy laut (angin); (ii) pertukaran dosen atau mahaiswa; (iii) dan studi lanjut bagi dosen atau lulusan DTK. Juga kesanggupan mereka untuk diundang sebagai keynote/invited speaker pada acara seminar tahunan ISOCEEN-2018 atau SENTA-2018 yang akan diadakan oleh DTK. Dalam hal riset, ada joint pendanaan dari International Joint Project from Ministry of Science and Technology Taiwan serta ada skema pendanaan dari mereka melalui program East-south Asia Project from Ministry of Education Taiwan. Bahkan kita berkemungkiann memanfaatkan fasilitas penelitian/laboratorium mereka secara gratis/ tak berbayar. (@erwepe_may-2018).

 

Latest News

  • Boost Your Mood for Exploring Wider World

    Pada Selasa, 7 Desember 2021 diselenggarakan Sharing Session bertemakan “Boost Your Mood for Exploring Wider World” yang diisi oleh 

    13 Des 2021
  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021