News

DTK mengadakan Pelatihan “Constructive Alignment in Teaching and Learning”

Sen, 15 Jul 2019
6:37 PM
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, menjadi keniscayaan bahwa proses pembelajaran di Perguruan Tinggi berkembang dinamis nan pesat. Tidak cukup lagi dengan cara konvensional. Teknologi informasi harus dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana, untuk hasil yang lebih efektif dan efisien. Departemen Teknik Kelautan sedang bersiap dan berbenah diri.

Sudah untuk kesekian kalinya, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS menyelenggarakan berbagai pelatihan (workshop/training) dalam rangka capacity building staff pengajarnya, terkait kerjasama dengan NUFFIC-Belanda. Di tahun terakhir (2019) kerjasama ini (dari 4 tahun: 2016-2019), diadakan pelatihan “Constructive Alignment in Teaching and Learning” di Bali. Tutornya adalah para profesional dalam bidang pengembangan metode pengajaran dan pembelajaran dari Portugis yaitu Pedro Manuel Barbosa de Almeida Cabral dan Nelson Ribeiro Jorge.

Training kali ini diikuti hampir seluruh dosen DTK, baik yang senior maupun yunior. Bagi dosen-dosen muda, kegiatan ini jelas dengan tujuan untuk membekalinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam hal belajar-mengajar sehingga kompetensinya sebagai dosen profesional akan berkembang jauh lebih baik. Sementara itu bagi dosen-dosen senior, kesempatan ini bisa dipandang sebagai semacam sarana untuk refreshing serta evaluasi materi pembelajaran dan memulai belajar sistem pembelajaran online-interaktif yang termasuk hal cukup baru.

Peserta pelatihan Kelompok 1 berangkat ke Bali. Ki-Ka: Pak Yoyok, Bu Shade, Bu Dirta, Bu Silvi, Pak Jantoko, Pak Yanu, Pak Dodot, Pak Danu, Pak Sholihin, Pak Wahyudi, dan Pak Herman.

Peserta pelatihan Kelompok 1 yang akan berlangsung tanggal 8 – 12 Juli 2019 terdiri dari: Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D.; Dr. Wahyudi; Silvianita, Ph.D.; Dr. Handayanu; Dr. Eng. Kriyo Sambodho; Sholihi, M.T.; Sujantoko, M.T.; Herman Pratikno, Ph.D.; Dr. Eng. Shade Rahmawati; Dirta Marina Chamelia, M.T.; dan Raditya Danu Riyanto, M.T. Sedangkan peserta pelatihan Kelompok 2 akan memulai tanggal 15 – 18 Juli 2019 terdiri dari: Prof. Daniel M. Rosyid, Ph.D.; Dr.Eng. Rudi Walujo Prastianto; Prof. Mukhtasor, Ph.D.; Mahmud Mustain, Ph.D.; Dr. Hasan lkhwani; Prof. Eko Budi Djatmiko, Ph.D.; Dr.Eng. Yeyes Mulyadi; R. Haryo Dwito Armono, Ph.D.; Murdjito. M.Sc.Eng.; dan Nur Syahroni, Ph.D.

Secara umum tujuan pelatihan ini adalah agar dosen peserta training yang mengampu mata kuliah masing-masing mampu untuk: a) mendefinisikan tujuan pembelajaran (define learning objectives), b) merencanakan aktivitas pengajaran dan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif (plan teaching and learning activities using active learning strategies), c) mendefinisikan metode penilaian yang tepat (define appropriate assessment methods), d) menyetarakan tujuan pembelajaran dan aktivitasnya dengan penilaiannya (align learning objectives and activities with assessment), e) menyusun materi pembelajaran (create an educational resource (presentation)), and e) Menyusun suatu topik dalam Moodle beserta aktivitas dan materinya (build a topic on Moodle with activities and resources).

Tautan yang disediakan untuk peserta pelatihan yang dapat diakses dan komunikasi selama pelatihan serta untuk membuat materi pembelajaran online.

Dalam rangkaian kegiatan pelatihan ini, peserta telah diberi akses online untuk persiapan pelatihan. Sebelum pertemuan tatap-muka kelas, peserta harus melengkapi terlebih dahulu isian data individu, aktivitas pendahuluan serta visi dalam belajar-mengajar.

Pelatihan ini akan berlangsung dengan jadwal yang cukup padat. Jadwal hariannya terbagi dalam 3 Sesi yaitu Sesi pagi (pukul: 08.30 – 12.00 WITA), Sesi siang (pukul: 12.00 – 13.00 WITA untuk ishoma), dan Sesi sore (pukul: 13.00 – 16.30 WITA). Bahkan setelah sesi pemaparan materi oleh tutor, ada slot untuk coaching secara langsung bagi peserta untuk menyelesaikan tugas-tugas pelatihan, pada pukul 16.30 – 18.00 WITA, sebagaimana ditunjukkan dalam tabel di bawah. [@eRWePe_DTK-2019].

Tabel jadwal harian pelatihan beserta materinya.

 

Latest News

  • Boost Your Mood for Exploring Wider World

    Pada Selasa, 7 Desember 2021 diselenggarakan Sharing Session bertemakan “Boost Your Mood for Exploring Wider World” yang diisi oleh 

    13 Des 2021
  • Basic Media Schooling 2021

    DTK NEWS – Basic Media Schooling 2021 HIMATEKLA FTK ITS (BMS 2021 HIMATEKLA FTK ITS) hadir dengan tema “Ultimate

    14 Jun 2021
  • Webinar Oceano 2021 Oil dan Gas

    Pada Sabtu, 5 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Laboratorium Departemen Teknik Kelautan. Panitia OCEANO 2021 menyelenggarakan Webinar OCEANO

    13 Jun 2021