News

Berdiskusi dengan Perwakilan Alfatekelits

Sab, 30 Mar 2019
4:49 PM
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Kelautan   |

Banyak hal yang bisa disinergikan dengan ikatan alumni FTK (Alfatekelits). Alfatekelits menjadi salah satu stake holder yang sangat penting bagi departemen-departemen yang ada di Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). Dengan komunikasi yang lebih intens serta kerjasama yang baik dan saling menguntungkan akan banyak hal yang bisa dikerjakan dengan manfaat yang besar demi kemajuan bidang Kelautan/Maritim.

Pada hari Jumat 1 Maret 2019, pihak FTK mendapat kunjungan dari perwakilan pengurus alumni FTK dan beberapa alumni, yaitu Pak Abdul Azis (Ketua Alfatekelits), Ibu Ari Indriyasari, Pak Ryan, dan Pak Samudro.Sementara itu hadir dari FTK: Prof. Zubaydi (Dekan FTK), Dr.Eng. Rudi W. Prastianto (Kadep Teknik Kelautan), dan Dony Setyawan, ST., M.Sc. (Sekdep Teknik Perkapalan).

Ketua alfatekelits mengawali menyampaikan maksud kunjungannya. Kemudian dilanjutkan oleh Bu Ari, sebagai wakil Alfatekelits yang menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kali ini untuk menyampaikan beberapa hal yaitu:

  1. Pemberian beasiswa dari alfatekelits,
  2.  FGD bidang maritim terkait isu-isu penting dari pemerintah,
  3. Pembekalan calon wisudawan/maba,
  4.  Data alumni.

Atas beberapa butir persoalan yang dilontarkan tersebut, Kadep Kelautan menanggapi dan memberikan masukan, sbb.:

  1. Beasiswa bisa dalam bentuk regular ataupun parsial, misal beasiswa untuk mahasiswa yang sedang mengambil Tugas Akhir (TA) dan Studi Ekskursi (SE),
  2. FGD bisa dilakukan rutin, misal dimasukkan dalam agenda Seminar regular yg diselenggarakan di FTK (ISOCEEN, SENTA, dll.
  3. Pembekalan calon wisudawan/maba bisa dilakukan regular (ceramah),atau bisa ditingkatkandengan kegiatan yang bersertifikat (DTK pernah melakukan Pelatihan K3 dari PT. Surveyor Indonesia tahun 2018.
  4. Existing Data yangg dipunyai Alfatekelits masih terbatas, sehingga harus dilengkapi dengan bantuan data dari Departemen.

Beberapa hal lain yang disampaikan oleh pihak FTK adalah sbb.:

  1. Perlu dibentuknya Industrial Advisory Board untuk FTK (atau tiap Dep di FTK). Sebagaistake holdermereka diperlukan untuk masukan seperti terkait: a. Pengembangan Kurikulum, b. Akreditasi Dept., c. Relasi industri-calon lulusan, d. Info industry up-to-date, dll.
  2. Adanya program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), sesuaiPeRek ITS No.26 Tahun 2018,yang akan dilaksanakan di prodi-prodi di FTK perlu peran alumni sebagaianggota Tim Pelaksana RPL di Prodi penyelenggara.Sebagai anggota tim asesor yang minimal 3 orang, terdiri dari dosen dan profesional di bidangnya (alumni).

Setelah pertemuan di dekanat FTK berakhir, tim Alfatekelits melanjutkan rapat pengurus di sekretariat Alfatekelits yang berada di gedung NASDEC di ITS[@eRWePe_DTK-2019].

Latest News

  • Bantu Penanggulangan Covid-19, Mahasiswa DTK ITS Salurkan Sembako dan Menyemprotkan Disinfektan di Desa Jatigedong, Kabupaten Jombang

      JOMBANG – DTK ITS:  Mahasiswa Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang

    01 Agu 2020
  • Ocean Engineering Webinar Series #2

    Ocean Engineering Webinar Series #2 merupakan webinar kedua yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kelautan. Webinar Series kedua ini mengangkat

    24 Jul 2020
  • Ocean Engineering webinar series

    Pada hari Rabu 1 Juli 2020, Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah menyelenggarakan acara

    07 Jul 2020