Himpunan Mahasiswa Teknik Industri

Dalam struktur keorganisasian mahasiswa di ITS, masing – masing jurusan memiliki wadah penyaluran kegiatan atau aktivitas organisasi yang biasa disebut Himpunan Mahasiswa Jurusan atau disingkat HMJ. Di Jurusan Teknik Industri, HMJ yang ada dikenal dengan istilah HMTI atau Himpunan Mahasiswa Teknik Industri.

HMTI ini terdiri dari dua bagian yaitu Badan Pengurus Harian HMTI/ BPH HMTI dan Senat Mahasiswa Teknik Industri/ SMTI. BPH HMTIHMTI ini dipimpin oleh seoang ketua himpunan yang dipilih oleh anggota penuh HMTI melalui pemilu yang diselenggarakan setahun sekali. Sedangkan SMTI dipimpin oleh seorang koordinator SMTI, yang dipilih oleh anggota SMTI. Adapun anggota SMTI ini merupakan representatif atau perwakilan masing masing angkatan. Sesuai namanya BPH HMTI merupakan suatu badan eksekutif yang menjalankan roda organisasi, sedangkan SMTI melakukan fungsinya sebagai badan legislatif dan yudikatif mahasiswa.
Aktivitas yang dijalankan dalam tubuh BPH HMTI ini meliputi kegiatan pengembangan profesi akademik, kegiatan orientasi mahasiswa baru, kegiatan hubungan kemasyarakatan, kegiatan kewirausahaan, kegiatan seni dan olahraga, dan lain-lain. Melihat banyaknya kegiatan yang harus dikelola terseut diatas, maka dalam tubuh HMTI dibentuk departemen departemen yang nantinya secara khusus menangani dan mengelola kegiatan kegiatan yang ada.

Masing masing departemen tersebut dipimpin oleh seorang ketua departemen, biasanya disebut kadep Departemen yang ada dalam HMTI adalah :
• Departemen Pengembangan Profesi Akademik/ PPA
• Departemen Pengkaderan
• Departemen Hubungan masyarakat/ Humas
• Departemen Kewirausahaan/ KWU
• Departemen Umum.