Agenda

“NGOBRAS” Ngobrol Santai: Antisipasi Banjir dan Longsor

Wed, 19 Oct 2022
8:18 am
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Bersamaan dengan datangnya musim hujan, bersamaan itu pula terjadi banjir, longsor dan angin puting beliung dimana mana. Mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawes Selatan dan lain lain. Korban berjatuhan, kerusakan bangunan dan kerugian ekonomi terus meningkat.

BMKG mengatakan bahwa fenomena La Nina “triple-dip” 2020-2023 (tiga tahun beruntun) menjadi ancaman bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Fenomena ini sudah dimulai pada pertengahan 2020 dan diprediksi akan tetap berlangsung hingga akhir tahun 2022 dan kemungkinan berlanjut hingga awal tahun 2023. Fenomena triple dip pernah terjadi dari 1973 -1975 serta 1998-2001. Fenomena ini akan berpengaruh terhadap pola cuaca – iklim di Indonesia. Salah satunya menyebabkan sebagian wilayah Indonesia mengalami musim hujan lebih awal.

Dampak bencana banjir, longsor, banjir bandang dan angin puting beliung tiap tahun terus bertambah sehingga perlu diupayakan berbagai cara untuk mencegah dan atau mengurangi risiko bencana. Departemen Teknik Geofisika FTSPK ITS menyelenggarakan webinar ini untuk memberi pencerahan terkait antisipasi banjir dan longsor. Harapannya kepada para pihak bisa menambah wawasan dan bisa dipakai untuk mengambil keputusan dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor.

Kami nantikan kehadiran anda secara virtual dalam Ngobrol Santai (Ngobras)  “ANTISIPASI BANJIR DAN LONGSOR” yang akan diselenggarakan pada:

  • Minggu 23 Oktober 2022
  • Pukul 13.00 – 15.00 WIB
  • Zoom ID : 98-414-661-865
  • Narasumber: Mahendra Andiek Maulana, Ph.D (Dosen & Peneliti Teknik Sipil) dan Dr. Amien Widodo (Dosen & Peneliti Teknik Geofisika ITS)
  • Moderator: Nita Ariyanti, M.Eng (Dosen & Peneliti Teknik Geofisika ITS)

 

Latest Agenda

  • NGOBRAS-Ngobrol Santai: “Gempa Cianjur: What’s Next” - 06 Dec

    Teknik Geofisika ITS bersama VMBG & BMKG menyeenggarakan NGOBRAS-Ngobrol Santai: “Gempa Cianjur: What’s Next”, yang akan mengundang narasumber :

    01 Dec 2022
  • FTSPK ITS Presents: WEBINAR ASPEK PENTING MITIGASI DALAM PERENCANAAN IBU KOTA NEGARA IKN) - 19 Nov

    16 Nov 2022
  • Guest Lecture: “Rip Current” bersama Dr. Ir. Wahyudi Citrosiswoyo, M.Sc - 12 Nov

    08 Nov 2022