DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
19 Juni 2023, 03:06

1000 Desain Kemasan

Oleh : adminwebits | | Source : -

 

Ketua tim peneliti : Sayatman S.Sn, M,Si

 

Mitra Pengembang :

  1. UPT Industri Mamin dan Kemasan Provinsi Jawa Timur
  2. Indonesian Packaging Federation (IPF)

 

Mitra Pengguna

  1. Koperasi Pondok Pesantren, UKM/IKM

 

Deskripsi : 

Seribu Desain Kemasan merupakan upaya ITS dalam membantu program pemerintah One Pesantren One Product (OPOP). Melalui gerakan ini, ITS berperan dalam menyediakan desain kemasan kreatif dan menarik untuk produk-produk dari pesantren, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing produk tersebut.

 

Keunggulan teknologi

  1. Desain Kemasan berbasis digital dan perangkat lunak canggih

Dalam industri yang sangat kompetitif, penting untuk terus beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi konsumen.  Melalui teknologi desain kemasan berbasis digital memberikan keunggulan dalam fleksibilitas, kecepatan dan kebebasan yang lebih besar dalam menghasilkan ide dan konsep kemasan yang unik namun tetap fungsional.  Dengan menggunakan perangkat lunak desain canggih, desainer dapat menggabungkan berbagai elemen seperti warna, bentuk, grafis, dan tekstur dengan cara yang kreatif dan inovatif. Ini memungkinkan menciptakan simulasi desain kemasan yang lebih realistis dan menarik untuk membedakan dengan produk pesaing.  Hal ini akan sangat membantu para produsen/mitra pengguna untuk dengan mudah mengubah desain kemasan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar yang berkembang.

Teknologi inovasi desain kemasan berbasis software dapat menghemat waktu dan biaya yang signifikan dalam proses desain. Dengan menggunakan perangkat lunak desain kemasan, desainer dapat dengan cepat menciptakan dan mengubah konsep kemasan tanpa perlu membuat prototipe fisik. Ini memungkinkan pengujian dan iterasi desain yang lebih cepat, mengurangi waktu pengembangan produk secara keseluruhan. Selain itu, penggunaan teknologi desain kemasan juga mengurangi kebutuhan akan percetakan dan pengadaan bahan prototipe, sehingga mengurangi biaya produksi. 

 

  1. Desain Kemasan Ramah Lingkungan

Dalam upaya untuk mengurangi dampak negatif kemasan terhadap lingkungan, kami juga terus berupaya merancang kemasan yang ramah lingkungan antara lain dengan penggunaan bahan kemasan yang dapat didaur ulang atau bahan biodegradable. 

Berita Terkait

  • 1000 Desain Kemasan

      Ketua tim peneliti : Sayatman S.Sn, M,Si   Mitra Pengembang : UPT Industri Mamin dan Kemasan Provinsi Jawa

    19 Juni 2023, 03:06