DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
15 Januari 2021, 03:01

Commisioning Dynamometer Superflow SF-250A Powersport

Oleh : adminstp | | Source : -

Sebagai upaya untuk mengembangkan industri otomotif di Indonesia, STP Otomotif ITS menambahkan sebuah alat pengujian performa kendaraan baru yakni sebuah dynamometer. Alat tersebut berfungsi untuk mengukur luaran tenaga dan torsi dari sebuah kendaraan dalam keadaan statis secara akurat. Tidak tanggung-tanggung, merek termerek terkemuka yang bermarkas di Wisconsin, Amerika yakni SuperFlow, diboyong untuk melengkapi armada pengujian STP Otomotif ITS. Sejak 1972, SuperFlow sudah dipercaya dan digunakan oleh performance engine builder, pabrikan otomotif terkemuka, militer Amerika, dan tentunya tim balap profesional.

Tipe SuperFlow SF-250A Powersport ditambahkan kedalam armada pengujian STP Otomotif ITS untuk melengkapi fasilitas dynamometer yang telah PUI-STP Otomotif ITS miliki, yakni Dynostar chassis dyno untuk kendaraan roda 2 dan Dynapack hub dyno untuk kendaraan roda 4. Tipe ini digunakan untuk menguji performa dari kendaraan roda dua dengan memanfaatkan eddy current. SuperFlow SF-250A Powersport mampu membaca daya maksimum sebesar 750 hp secara inertia, 500 hp dengan eddy current dan kecepantan kendaraan maksimal mencapai 322 kmph.

Dilengkapi dengan sensor suhu-humiditas, ignition pickup, sensor takometer optikal, dan juga penganalisa gas buang, membuat alat ini menghasilkan data yang akurat dan presisi. Alat ini dapat menguji berbagai jenis pengujian, mulai dari pengujian akselerasi, pengujian steady-state, pengujian perstep, pengujian road load dan juga pengujian secara manual yang parameternya bisa diatur sesuai kemauan penguji.

Berita Terkait