News

Genjot Hilirisasi Produk Penelitian, STKK DRPM ITS Jalin Kerjasama dengan Sektor Industri

Kam, 02 Feb 2023
1:53 pm
Berita
Share :
Oleh : adminstkk   |

Gedung Pusat Penlitian ITS

Demi peningkatan subtitusi impor serta tingkat komponen dalam negeri (TKDN), STKK DRPM ITS turut aktif dalam program hilirisasi produk-produk penelitian, khususnya di bidang kelautan dan kebumian. Menjalin kerjasama dengan pihak industri merupakan salah satu upaya STKK DRPM ITS dalam hilirisasi produk penelitian. STKK DRPM ITS berhasil berkolaborasi dengan beberapa perseroan di antaranya PDAM Surya Sembada Surabaya, PT Aktara Indonesia, dan PT GARAM Madura.

Dari kerjasama penelitian dengan PDAM Surya Sembada Surabaya, STKK DRPM dan PT ITS Tekno Sains sepakat untuk hilirisasi produk Low-Cost SMRT GEO ITS. Selain sertifikasi produk, kerjasama ini diharapakan bisa memproduksi Low-Cost SMSRT GEO ITS dan menembus pasar penjualan. Lebih jauh lagi, penelitian ini juga ditargetkan bisa menjadi Start up sebagai jembatan untuk proses komersialisasi produk Low-Cost SMRT GEO ITS.

Pada penelitian kedua, STKK DRPM ITS berkerjasama dengan PDAM Surya Sembada Surabaya dan PT AKtara Indonesia. Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan Low-Cost Tech LIDAR dan Ground Penetrating Radar (GPR). Penelitian ini akan dapat menghasilkan prototype yang bisa mendeteksi pipa bawah tanah sekaligus infrastruktur di atasnya.

Selain itu, STKK DRPM ITS juga melakukan penelitian bersama PT GARAM Madura untuk menyempurnakan otomatisasi pompa air di pamekasan dan sumenep. Alat ini juga akan dilengkapi sensor ketinggian untuk mengoptimalkan utilitasnya.

Ketika kerjasama riset ini renvcananya akan diajukan ke program KEDAIREKA. Harapannya, kolaborasi universitas, industry dan pemerintah dapat mengakselerasi hilirisasi produk-produk penelitian.

Latest News

  • International Conference: The 4th Sustainability and Resilience of Coastal Management

    Sustainability and Resilience of Coastal Management Akan diadakan Joint International Conference on Sustainable Management – The 4th Sustainability and

    26 Sep 2023
  • One-Field Training and Guest Lecturer Biofouling

    Permasalan biofouling yang kian hari kian mengancam perairan dunia, termasuk Indonesia menjadi concern kita bersama. Institute Teknologi Sepuluh Nopember,

    18 Mar 2023
  • Kora-Kora, Mobile Apps Pendeteksi Stabilitas Kapal untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Nelayan Dunia

    Pemanfaatan smartphone melalui aplikasi telah memberikan dampak dan manfaat yang besar dalam mengatasi berbagai macam permasalahan. Melalui mobile apps,

    17 Mar 2023