Inovasi Sistem dan Teknologi

SELAMAT DATANG PADA LAMAN SIMT

Dr.rer.nat. Ruri Agung Wahyuono, S.T., M.T.,

Ketua Program Studi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

Dengan penuh rasa syukur, izinkan saya menyampaikan sambutan hangat kepada seluruh calon mahasiswa, orang tua, mitra industri, dan para pemangku kepentingan yang telah menunjukkan minat dan dukungan terhadap Program Studi Manajemen Inovasi Sistem dan Teknologi (MIST).

Program ini hadir sebagai respons terhadap perkembangan zaman yang menuntut integrasi antara inovasi, teknologi, dan manajemen dalam menjawab berbagai tantangan kompleks di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Melalui kurikulum yang adaptif dan kolaboratif, MIST menggabungkan kekuatan rekayasa sistem, strategi inovasi, serta pendekatan manajerial untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, namun juga visioner, agile, dan siap menjadi penggerak perubahan.

Kami percaya bahwa inovasi yang berkelanjutan tidak lahir dari keunggulan teknis semata, melainkan dari kemampuan mengelola sumber daya, memahami dinamika sosial dan ekonomi, serta menciptakan solusi yang berdampak luas. Untuk itu, program ini juga menekankan pada pembentukan karakter, kepemimpinan, dan kemampuan berpikir sistemik yang dibutuhkan dalam lingkungan global yang serba dinamis.

Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang inspiratif melalui kolaborasi dengan industri, lembaga riset, serta komunitas inovasi, baik di dalam maupun luar negeri. Dengan bimbingan para dosen yang berpengalaman dan jejaring profesional yang luas, kami yakin lulusan MIST akan mampu menjadi pionir dalam mendorong transformasi digital, inovasi teknologi, dan pengambilan keputusan berbasis data di berbagai sektor.

Akhir kata, kami mengundang Anda semua untuk bergabung dalam perjalanan transformatif ini. Bersama-sama, mari kita ciptakan masa depan yang lebih inovatif, adaptif, dan berdampak.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

APA YANG ANDA CARI ?

Post 1

ENERGI TERBARUKAN

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan sumber energi yang berasal dari alam dan dapat diperbarui

Baca Selengkapnya
Post 2

START UP TEKNOLOGI

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan startup teknologi dengan keunggulan teknologi dan inovasi menuju transformasi society 5.0.

Baca Selengkapnya
Post 3

INOVASI LAYANAN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan kebijakan publik untuk ketahanan nasional bidang kemandirian ekonomi, lingkungan, pangan, dan energi (berbasis SSDGs dan System Thinking).

Baca Selengkapnya
Post 4

REKAYASA DAN MANAJEMEN KESELAMATAN

Rekayasa dan Manajemen Keselamatan adalah keilmuan yang berfokus pada identifikasi, analisis, dan pengendalian risiko untuk mencegah kecelakaan, memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja, serta melindungi aset dan lingkungan.

Baca Selengkapnya

INFORMASI PENDAFTARAN

Waktu Pendaftaran

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Gasal Gelombang II
Pendaftaran 26 Mei – 30 Juni 2025
Deadline Pembayaran Biaya Pendaftaran 30 Juni 2025 pukul 16.00 WIB
Deadline Pengisian Pendaftaran Online 01 Juli 2025 pukul 12.00 WIB
Ujian Masuk 02 Juli – 11 Juli 2025
Pengumuman 14 Juli 2025 pukul 21.00 WIB
Penerbitan LoA (Letter of Acceptance) Maksimal 21 Juli 2025
Pengisian SIPMABA 15 – 17 Juli 2025
Validasi Data 18 Juli – 27 Juli 2025
Daftar Ulang/ Pembayaran SPP 28 – 30 Juli 2025
  • Apabila tidak melakukan pengisian SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri

KHUSUS BEASISWA FRESH GRADUATE, FAST TRACK, FAST-D, UNGGULAN ITS

Pendaftaran 02 Juli – 29 Juli 2025
Deadline Pembayaran Pendaftaran 29 Juli 2025 pukul 16.00 WIB
Deadline Submit Pendaftaran 31 Juli 2025 pukul 23.59 WIB
Ujian Masuk 4 – 7 Agustus 2025
Pengumuman 11 Agustus 2025 pukul 17.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 11 – 12 Agustus 2025
Validasi Data 13 Agustus – 15 Agustus 2025
Daftar Ulang/Pembayaran SPP 18 – 20 Agustus 2025 pukul 16:00 WIB
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 18 – 22 Agustus 2025
Perkuliahan 25 Agustus 2025
  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
    2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 477 (untuk program master) dan 500(untuk program doktor) dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Sertifikat TEFL paper based dapat digantikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 4.5 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 32.
    4. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 477 (untuk program master) dan 500 (untuk program doktor), yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi Telp. (031) 5994251 – ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing.

Persyaratan Program S2 MIST-ITS

  1. Melalui web ITS: smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  4. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 (Reguler dan Riset) serta S2 Jalur Riset harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini.
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  10. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.

Panduan Tata Cara Pendaftaran

Program Perkuliahan SPP per Semester SPI IPITS
PJJ Profesional Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
Tatap Muka Daring Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000

DEPARTEMEN MANAJEMEN TEKNOLOGI

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kampus ITS Tjokroaminoto

Jl. Cokroaminoto 12A, Surabaya 60264

Tel: +62315613922, +62315666172

Email: infommt.its@gmail.com