News

Seatrans ITS Resmikan Gedung Baru, Siap Berlayar dengan Bahtera Baru

Kam, 02 Apr 2020
10:00 am
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Transportasi Laut   |

Kampus ITS, Seatrans News — Sejak berdiri pada tahun 2011, Departemen Teknik Transportasi Laut (DTTL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini meresmikan bahtera barunya, gedung perkuliahan SEA. Berlangsung pada Jumat (13/3), Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari, M.Eng. meresmikan gedung baru DTTL bersama Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Ir Subagyo.

“Dimulai pada tahun 1992, DTTL awalnya hanya merupakan program studi Pascasarjana (S2) di bawah naungan Jurusan Teknik Perkapalan (JTP),” tutur Dr Ing Ir Setyo Nugroho, Kepala DTTL menerangkan cikal bakal berdirinya departemen berjuluk Seatrans ini. Perjalanan yang begitu panjang hingga pada 2004 diresmikan sebagai Bidang Studi Transportasi Laut dengan kurikulum yang berbeda tetapi masih dinaungi JTP. Kemudian akhirnya pada 2011 Jurusan Transportasi Laut berdiri sendiri.

Alhamdulillah, kini dapat memiliki gedung setelah sembilan tahun berdiri,”  ungkap lelaki yang akrab disapa Setyo tersebut. Lebih lanjut, Setyo menyampaikan bahwa gedung yang berdiri di atas tanah seluas 6.000 meter persegi ini merupakan hasil dari perjuangan dan kolaborasi berbagai pihak. Untuk itu, Setyo mengucap syukur dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung DTTL bahkan sejak belum berdiri sendiri.

Dalam kesempatan ini, DTTL memberikan penghargaan dan cinderamata kepada beberapa pihak yang telah berjasa sejak awal berdirinya program studi hingga menjadi departemen dan memiliki gedung tersendiri. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada beliau. Para penerima penghargaan tersebut diantaranya adalah (Alm) Ir. Setijoprajudo M.SE, Ir. Tri Achmadi PhD, Dr. Eng I G. N. Sumanta Buana, Firmanto Hadi, S.T., M.Sc, serta Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc., ES., PhD.

Dari serangkaian proses panjang pendirian DTTL dan segala pencapaiannya, Rektor ITS, Prof Ashari begitu mengapresiasi DTTL. “Mengingat sejarah panjang yang sudah dilalui hingga kini sudah memiliki gedung baru,” tutur Prof Ashari.

“Konsistensinya luar biasa untuk terus berkembang, berbagai kerjasama demi peningkatan kualitas juga terus dijalin,” ungkap Prof Ashari. Guru besar Departemen Teknik Elektro ITS tersebut berharap, ke depannya dengan adanya gedung baru dapat menjadi semangat baru bagi DTTL untuk terus meningkatkan kualitas dan terus mengembangkan diri, mengawal setiap perkembangan maritim Indonesia.

Setelah diresmikan melalui penandatangan prasasti oleh Rektor ITS dan Direktur Kepelabuhanan Ditjen Hubla, rangkaian acara peresmian gedung DTTL masih akan berlanjut. Terdapat acara Alumni FTK Gathering, dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk yang diselenggarakan pada hari yang sama, Jumat (13/3) malam. (dnr/yus)

Latest News

  • Seatrans Kembali Kunjungan Industri !

    Kampus ITS, SEATRANS News – Dalam menunjang kegiatan pembelajaran di Departemen Teknik Transportasi Laut, diadakan kunjungan kuliah lapangan yang

    01 Des 2022
  • SEATRANS SUPER SAILING REBORN 2022 GOES TO LABUAN BAJO

    Bertajuk Seatrans Super Sailing (Triple S) Reborn, kegiatan tahunan Departemen Teknik Transportasi Laut ini kembali hadir setelah 2 (dua)

    23 Sep 2022
  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022