News

Seatrans ITS Ajak Mahasiswa Baru Keliling Kapal Virtual Bersama PELNI Lifestyle

Kam, 01 Okt 2020
7:27 pm
Berita
Share :
Oleh : Sea Transportation   |

Mahasiswa baru DTTL ITS ketika menyimak penjelasan dari kru KM Logistik Nusantara 4 mengenai bagian-bagian kapal dalam VSOB pada Rabu (30/9)

Kampus ITS, Seatrans News Departemen Teknik Transportasi Laut (DTTL) ITS melalui Himpunan Mahasiswa DTTL (Himaseatrans) bekerja sama dengan PT PELNI mengajak mahasiswa baru keliling kapal secara virtual. Berlangsung melalui online conference pada Rabu (30/9), kru kapal KM Logistik Nusantara 4 menyapa mahasiswa DTTL melalui program Virtual Study On Board (VSOB).

Gelaran VSOB yang dikhususkan untuk mahasiswa dari departemen berjuluk Seatrans ini merupakan penyelenggaraan pertama kalinya. “Saya berterima kasih kepada PT PELNI yang telah menyelenggarakan VSOB, turut mendukung kami memberikan pengalaman studi di atas kapal walaupun harus dilakukan secara daring,” sambut Kepala DTTL, Dr-Ing. Ir. Setyo Nugroho mengawali pertemuan daring tersebut.

Kegiatan kunjungan lapangan baik itu ke kapal maupun ke perusahaan di awal semester sudah menjadi kegiatan tahunan yang diperuntukkan mahasiswa baru DTTL. “Himaseatrans sendiri biasanya mengadakan kegiatan visit company langsung ke lapangan di awal semester melalui kerja sama dengan perusahaan tertentu,” ujar Rudi Haryanto, Ketua Himaseatrans. Akan tetapi terjadinya pandemi Covid-19 mengharuskan adanya perubahan konsep menjadi kegiatan daring.

Kru KM Logistik Nusantara 4 menjelaskan tiap-tiap bagian kapal secara langsung kepada Mahasiswa Baru DTTL ITS

Dalam acara ini, ditambahkan Rudi, mahasiswa dikenalkan dengan bagian-bagian kapal lengkap dengan apa saja yang ada di dalamnya, mulai dari  haluan, geladak, kabin, ruang mesin, hingga ke anjungan. Dipandu langsung oleh Management Trainee PT PELNI, Muhammad Yasir, kapten kapal dan para mualim memberikan penjelasan detail pada setiap bagian dan berdiskusi langsung dengan mahasiswa.

Melihat antusiasme mahasiswa baru dalam VSOB kali ini, Rudi berharap dapat memberikan wawasan lebih luas, tak hanya mengenai kapal itu sendiri, tetapi juga dunia maritim dan teknologi kelautan. “Semoga para mahasiswa baru mendapatkan ilmu baru dan mendapat suntikan semangat untuk memulai perkuliahan,” pungkas Rudi. (ifr/Humas Seatrans)

Latest News

  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022
  • Peringati Hari Jadi Ke-10, Departemen Teknik Transportasi Laut Luncurkan Buku SEATRANS X

    Kampus ITS, Seatrans News – Sebagai salah satu wujud syukur sekaligus perayaan hari jadi ke-10 Departemen Teknik Transportasi Laut

    11 Jan 2022
  • Mahasiswa Baru Lebih Mengenal SEATRANS ITS lewat OKKBK 2021

    Penyampaian materi Pengenalan Laboratorium dan Kepustakaan oleh salah satu Dosen DTTL ITS, Bapak Hasan Iqbal Nur, S.T., M.T. Kampus

    02 Sep 2021