News

Menyambut Wajah Baru Departemen Teknik Transportasi Laut

Sen, 24 Feb 2020
6:37 pm
Berita
Share :
Oleh : Sea Transportation   |

Kampus ITS, Seatrans News — Sejak berdiri pada tahun 2011, Departemen Teknik Transportasi Laut (DTTL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang telah berdiri selama lebih dari delapan tahun kini mempunyai wajah baru. Di atas tanah seluas 6.000 meter persegi, gedung baru DTTL dengan kode gedung SEA telah berdiri. Sebelum gedung beroperasi untuk perkuliahan, rangkaian acara soft opening dilaksanakan pada Jumat (31/1).

Soft Launching dan Syukuran Gedung “SEA” Departemen Teknik Transportasi Laut

Mengawali acara, Dr.-Ing. Ir. Setyo Nugroho, Kepala DTTL menyampaikan sejarah singkat departemen dimulai saat pendirian program studi di bawah naungan Jurusan Teknik Perkapalan pada 1992 silam. “Terdapat empat orang yang menginisiasi pendirian cikal bakal departemen ini,” tutur dosen yang akrab disapa Setyo tersebut.

Penyampaian Sambutan oleh Kepala Departemen Teknik Transportasi Laut, Dr.-Ing. Ir. Setyo Nugroho

Di samping itu, alumnus TU Berlin tersebut menambahkan, sebagai departemen yang tergolong masih muda, DTTL patut untuk bersyukur atas berdirinya gedung perkuliahan baru. Kepala Departemen pertama sekaligus pendiri DTTL, Ir. Tri Achmadi, Ph.D., juga turut mengucap rasa syukur. “Departemen terus berkembang, hingga memiliki gedung sendiri seperti sekarang ini, menunjukkan betapa besarnya pengetahuan Teknik Transportasi Laut dibutuhkan,” tuturnya.

Gedung yang didesain dengan inspirasi dari bentuk lambung kapal ini berdiri di atas tanah seluas 6.000 meter persegi dengan pembangunan yang masih akan berlanjut. Selain itu, gedung berukuran 2.000 meter persegi ini memiliki empat lantai. Di lantai pertama, terdapat dua ruang kelas, satu ruang seminar dan satu ruang diskusi yang semuanya dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Sedangkan lantai kedua, disebut sebagai lantai manajemen, terdiri dari Ruang Kepala Departemen, Ruang Kepala Program Studi, Ruang Sekretaris Departemen, Ruang Tata Usaha, Ruang Sidang, serta Ruang Dosen. Selain itu, di lantai ini juga terdapat Sekretariat Himpunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut (HIMASEATRANS), Ruang Gambar dan Musholla.

Lantai ketiga terdiri dari Laboratorium Infrastruktur dan Pelabuhan, Laboratorium Transportasi Laut dan Logistik, dan Laboratorium Komputasi. Terakhir, di lantai teratas, terdapat Laboratorium Telematika Transportasi Laut dan ruang belajar mahasiswa, serta dua ruang kelas untuk program pascasarjana.

Sebelum diakhiri dengan pemotongan tumpeng secara simbolis, dalam acara soft opening ini seluruh sivitas akademika yang hadir berharap, dengan berdirinya gedung kuliah baru DTTL ini, semoga dapat menunjang seluruh kegiatan perkuliahan dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan suasana baru, tercipta atmosfer positif sehingga memungkinkan seluruh sivitas akademika di dalamnya, untuk lebih banyak berinovasi dan terus berkarya.

Pemotongan Tumpeng

Disampaikan pula oleh Pak Setyo, Kepala DTTL, peresmian gedung akan diselenggarakan tepat pada hari jadi ke-9 DTTL pada Jumat (13/3) mendatang. “Kami akan melibatkan seluruh elemen DTTL, dan menyediakan kegiatan yang bermanfaat dan menghibur,” jelasnya. Peresmian tersebut direncanakan diawali dengan kegiatan Santunan Anak Yatim, Alumni Seatrans Sharing, Kuliah Umum, Alumni FTK Gathering, dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Seatrans Festival (Transfest) seminggu setelahnya. (dnr/yus)

Latest News

  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022
  • Peringati Hari Jadi Ke-10, Departemen Teknik Transportasi Laut Luncurkan Buku SEATRANS X

    Kampus ITS, Seatrans News – Sebagai salah satu wujud syukur sekaligus perayaan hari jadi ke-10 Departemen Teknik Transportasi Laut

    11 Jan 2022
  • Mahasiswa Baru Lebih Mengenal SEATRANS ITS lewat OKKBK 2021

    Penyampaian materi Pengenalan Laboratorium dan Kepustakaan oleh salah satu Dosen DTTL ITS, Bapak Hasan Iqbal Nur, S.T., M.T. Kampus

    02 Sep 2021