News

Departemen Teknik Transportasi Laut Sukses Terakreditasi IABEE

Jum, 03 Apr 2020
10:51 am
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Transportasi Laut   |

Kampus ITS, Seatrans News Departemen Teknik Transportasi Laut (DTTL) ITS terus berupaya dalam menjaga kualitas departemen yang nantinya dapat diakui oleh banyak pihak, baik nasional maupun internasional. Salah satunya dibuktikan dengan DTTL yang berhasil meraih akreditasi general dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dalam Disiplin Ocean and Similarly-named Engineering Programs 2019 pada Jumat (13/2).

IABEE sendiri telah diakui di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan computing. Lembaga akreditasi internasional tersebut mengacu pada Washington Accord sebagai salah satu standar akreditasi internasional bidang teknik. Akreditasi IABEE menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education).

Dalam mendapatkan akreditasi, departemen diharuskan menyesuaikan pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran (learning outcome) yang sudah ditentukan dan diberikan oleh IABEE. Kriteria yang dinilai dalam akreditasi internasional ini antara lain adalah kompetensi lulusan, pelaksanaan pembelajaran, penilaian capaian pembelajaran yang diharapkan, dan perbaikan berkesinambungan. Dari 27 sub-kriteria penilaian, DTTL mendapatkan skor “A (acceptable)” sebanyak 26 dan sisanya adalah “C (concern)”. Akreditasi ini berlaku selama 5 tahun dan dapat diperbarui sesuai evaluasi.

Akreditasi internasional yang diraih ini dapat menjadi salah satu nilai tambah pada DTTL. Ketika banyak mitra dari luar yang menanyakan mengenai bagaimana pembelajaran yang telah dilakukan, akreditasi ini menjadi bukti bahwa kualitas yang ada telah memenuhi terhadap standardisasi internasional. Dengan adanya akreditasi ini, diharapkan untuk bisa menjadikan pembenahan pada sistem menajemen dalam internal departemen sendiri. (dnr)

Latest News

  • Seatrans Kembali Kunjungan Industri !

    Kampus ITS, SEATRANS News – Dalam menunjang kegiatan pembelajaran di Departemen Teknik Transportasi Laut, diadakan kunjungan kuliah lapangan yang

    01 Des 2022
  • SEATRANS SUPER SAILING REBORN 2022 GOES TO LABUAN BAJO

    Bertajuk Seatrans Super Sailing (Triple S) Reborn, kegiatan tahunan Departemen Teknik Transportasi Laut ini kembali hadir setelah 2 (dua)

    23 Sep 2022
  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022