Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat keunggulan (center of excellence) dalam pengembangan dan transfer ilmu komunikasi berbasis sains, etis, humanis, inovatif, dan berkelas dunia untuk mendukung kemajuan bangsa.

Misi

Untuk mewujudkan visi, maka Program Sarjana Sains Komunikasi ITS memiliki 3 misi, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan selalu memperbarui keilmuan di bidang sains komunikasi secara konsisten dan berkesinambungan.
  2. Menjalin kerjasama akademik dengan perguruan tinggi dan pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ilmu sains komunikasi dalam rangka mencapai program studi yang unggul dan berkelas dunia.
  3. Mengembangkan karakter mahasiswa yang unggul dan berjiwa etis, humanis, dan inovatif.

Nilai

Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Program Studi Sains Komunikasi adalah:

  1. Etika dan Integritas (Ethics and Integrity); dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama
  2. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik
  3. Ekselensi (Excellence); berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  4. Kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership); menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab
  5. Sinergi (Synergy); bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  6. Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility); menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar

Sasaran

Program Studi Sarjana Sains Komunikasi ITS menghasilkan tenaga-tenaga yang kompeten untuk menjawab tantangan kebutuhan masyarakat baru, masyarakat IT, sehingga tercipta sinergi positif yang selaras antara tantangan masyarakat global, diantaranya:

  • Communication Analyst /Analis KomunikasiTerampil dalam mengelola informasi, menyampaikan pesan secara efektif, dan memanfaatkan berbagai platform komunikasi serta adaptif terhadap perubahan teknologi yang memengaruhi cara orang berkomunikasi. Kemahiran yang diperlukan termasuk kemampuan analisis data yang kuat dan kecakapan dalam merencanakan strategi komunikasi.Peluang kerja sebagai Public Relations Analyst, Marketing Communication Analyst, Content Analyst
  • Communication Research Assistant /Asisten Riset Komunikasi
    Terampil dalam penggunaan perangkat lunak analisis data, melakukan survei, wawancara, dan observasi terkait komunikasi, menyajikan temuan penelitian secara jelas dan terstruktur dalam memperkuat pemahaman tentang tren, perilaku komunikasi, dan dinamika dalam berbagai konteks sosial dan organisasi.
    Peluang kerja sebagai Asisten Peneliti Media, Asisten Peneliti Komunikasi Politik, Asisten Peneliti Komunikasi Krisis
  • Media Practitioner/ Praktisi Media
    Mampu mengelola informasi, menganalisis tren pasar media, dan menggunakan alat-alat teknologi terkini untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada audiens yang dituju serta dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam industri media yang terus berkembang.Peluang kerja sebagai Jurnalis, Reporter, Presenter, Editor, Script Writer/Penulis Naskah, Content Creator
Open chat
Hello 👋
Can we help you?