Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
03 September 2021, 06:09

Webinar-Optimize IEEE EXPLORE IN PANDEMIC TO DEVELOP YOUR RESEARCH AND PUBLICATION

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Perpustakaan ITS bekerjasama dengan IEEE cabang Asia telah menyelenggarakan webinar tentang “Optimize IEEE Explore in Pandemic to Develop your Research and Publication ” . IEEE adalah salah satu provider penyedia jurnal penelitian terbesar di dunia. Pandemi bukan sebagai penghalang untuk melakukan penelitian demi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah melakukan penelitian tentunya akan lebih bermanfaat jika hasil penelitian tersebut bisa di diakses dan dibaca oleh seluruh masyarakat dunia.

Acara yang dilaksanakan di awal September Rabu (1/9/2021) menghadirkan dua orang narasumber yaitu Alex Yiu Yupeng seorang Manager, Client Services (Asia) dari IEEE, Mochamad Hariadi, S.T., M.Sc.,PhD seorang Associate Professor (Lektor Kepala) di ITS, serta Moderator Webinar Dwi Purnomo Hendradhata seorang Laboran ITS dan juga anggota Tim penilai PLP kemendikbud. Pada sesi pertama Mr Alex memaparkan materi dengan judul “ Research Like A Pro, Insider Tips On IEEE Xplore Digital Library ” dan pada sesi kedua, Prof. Hariadi memaparkan materi dengan judul “ Publishing With IEEE, Preparation & Submission ”

Dimulai tepat pukul 9 pagi , acara dibuka oleh Host/MC Yeni Gonti seorang pustakawan ITS kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Edy Suprayitno selaku kepala perpustakaan ITS. Pak Edy menyampaikan bahwa akan banyak acara-acara semacam ini yang akan diadakan oleh perpustakaan ITS bekerjasama dengan penerbit-penerbit e-journal yang dilanggan oleh ITS dengan harapan dapat meningkatkan keterpakaian jurnal-jurnal berbasis elektronik bagi civitas akademika guna mendukung penelitian-penelitian dan karya-karya ilmiah yang akan dihasilkan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebelum memasuki acara inti yakni pemaparan materi oleh kedua Narasumber, acara didahului oleh sesi foto bersama pemateri dan para peserta webinar. Pemaparan kedua sesi webinar ini sangat menarik dan interaktif yang dipandu oleh moderator berbakat dari ITS. Pada dasarnya inti atau manfaat yang bisa diambil dari pemaparan kedua narasumber adalah banyak wawasan-wawasan baru yang bisa didapat agar lebih mudah melakukan penelitian, memaksimalkan penelitian dgn mendapatkan referensi yang akurat, kemudian menulisnya dan mempublikasikannya layaknya seorang profesional, sehingga bisa tembus ke jurnal2 internasional sepert IEEE ini.

Acara ini dihadiri oleh peserta kurang lebih 150 partisipan terdiri dari para dosen, mahasiswa, peneliti, dan pustakawan dari lingkungan ITS maupun dari luar ITS. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar karena materinya yang sangat menarik dan disediakan doorprize bagi peserta webinar. Setelah sesi tanya jawab dan pembagian hadiah bagi 4 orang peserta dengan pertanyaan terbaik sudah terpilih, maka tepat pukul 11.30 berakhir pula rangkaian acara webinar “Optimize IEEE Explore in Pandemic to Develop your Research and Publication ”. Semoga acara ini informatif dan bermanfaat sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi kita semua.(yag)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?