Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
01 April 2019, 13:04

Semangat Universitas Ibrahimy dalam menimba ilmu di Perpustakaan ITS

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

 

“ Without libraries what have we? We have no past and no future.”

-Ray Bradbury-

Dari kutipan di atas bisa diartikan bahwa perpustakaan adalah pilar masyarakat yang beradab, kita bisa berada di tempat kita berada saat ini karena perpustakaan. Perpustakaan adalah akses utama menuju semua informasi, tempat bagi siapapun yang ingin menimba ilmu. Perpustakaan secara terus menerus melakukan perubahan, menghimpun informasi dan merangkul teknologi terkini.

Dalam pengembangannya, antar perpustakaan kerap bersinergi untuk memperbaiki kulitas dari layanan perpustakaan. Hal tersebut bisa ditempuh dengan berbagai cara salah satunya dengan melakukan kunjungan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Staf Perpustakaan Universitas Ibrahimy (UNIB) Sukorejo Situbondo, yang pada Selasa 26 Maret 2019 berkunjung ke Perpustakaan ITS dalam rangka meningkatkan stabilitas kinerja dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan di bawah naungan Universitas lbrahimy.

Adapun staf UNIB yang datang berkunjung terdiri dari 7 staf, mereka adalah H Najib, M. Pd.I. selaku Kepala Perpustakaan, dan 6 staff lainnya dari Ka. Tata Usaha Perpustakaan, Kasubag Keuangan, Kasubag. Pengembangan & IT, Kasubag. Teknis & Pengolahan, Staf Layanan dan sirkulasi, serta staf pengembangan & IT. Usai disambut dengan ramah oleh Bapak Edy Suprayitno, Kepala Perpustakaan ITS dan beberapa staf di Ruang Bibliotek, mereka selanjutnya melakukan brenchmarking sesuai bidang kerja masing-masing staf.

Mereka tidak hanya melakukan wawancara tapi melihat langsung bahkan melakukan praktek bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut. Seperti halnya yang dilakukan Muhammad Ali RidJa, M.Kom. yang mencoba praktek langsung melakukan proses sirkulasi (peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian) bahan pustaka.

Usai magang sekitar dua jam di masing-masing divisi sesuai kebutuhan mereka kembali diajak berdiskusi di Bibliotek. Dalam kesempatan tersebut mereka menyampaikan rasa terima kasihnya pada Perpustakaan ITS atas sambutannya yang ramah dan sangat kekeluargaan bahkan melebihi ekspetasi mereka. Kemudian dari segi ilmu, mereka juga mengaku mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan mereka.

“Kami benar-benar berterima kasih, kami merasa sangat dilayani, semua staf perpustakaan ITS sangat ramah. Banyak ilmu yang kami dapatkan dari sini yang tentunya akan bisa segera kami terapkan di Perpustakaan kami.” ungkap H Najib, M. Pd.I. Kepala Perpustakaan UNIB. (nrl/dav)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?