Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
22 Maret 2019, 14:03

70 mahasiswa Biologi ITS ikuti E-Resources Class dan Reference Manager Class

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Kebutuhan civitas akademik ITS akan sumber informasi semakin tinggi, baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sumber informasi tersebut pun sangat diperhitungkan. Hal tersebut membuat perpustakaan sebagai salah satu lembaga informasi dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Melalui program layanan Perpustakaan ITS yakni E – Resources Class, Perpustakaan ITS berusaha memberikan edukasi tentang bagaimana cara mengakses e journal baik yang di langgan oleh ITS maupun dari sumber lainnya.

Di samping E – Resources Class, untuk melengkapi kebutuhan civitas akademika terutama mahasiswa tingkat akhir yang sedang disibukan mempersiapkan tugas akhir mereka, Perpustakaan ITS juga membuka Reference Manager Class (RMC). Kelas ini berfokus pada bagaimana cara menyusun sitasi dengan Mendeley. Penggunaan Mendeley ini terbilang mempermudah mahasiswa menyusunan sitasi jika dibandingkan dengan cara manual, karenanya RMC ini sangat direkomendasikan untuk diikuti oleh mahasiswa ITS.

Seperti halnya hari ini (21/03), sebanyak 70 mahasiswa dari Departemen Biologi ITS mengikuti E – Resources dan Reference Manager Class sekaligus sebagai salah satu bagian dari materi mata kuliah metodologi penelitian. Karena banyaknya jumlah mahasiswa tersebut, kelas dibagi dua ( kelas A dan kelas B) agar penyampaian materi lebih efektif. Ibu Ir. Sri Nurhatika, MP dari dosen Biologi mengawali kelas A dengan sambutan dari belau. Melalui sambutan tersebut Ibu Sri Nurhatika menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Perpustakaan ITS, dan berharap ke depannya terus bisa menjalin kerjasama yang baik sehingga bisa saling bersinergi dalam memenuhi kebutuhan informasi khususnya bagi mahasiswa Biologi.

Sesi pertama diawali oleh Reini Ariani untuk menyampaikan materi mengenai E – Resources. Dalam penyampaian materi tersebut tidak hanya disajikan teori saja, melainkan juga terdapat sesi praktek proses penelusuran informasi serta sesi Tanya jawab. Hal senada juga dilakukan pada Reference Manager Class yang disampaikan oleh Davi wahyuni. Dengan metode demikian harapannya peserta E – Resources dan Reference Manager Class tidak hanya sekedar tahu namun mampu dan paham tentang materi yang disajikan. Bagaimana dengan kalian? Sudah pahamkah bagaimana cara mengakses e journal ilmiah yang benar dan menyusun sitasi dengan mudah? Jika belum, mari bergabung di kelas E – Resources dan Reference Manager kami. Untuk informasi lebih lanjut tentang program kelas ini bisa mengubungi pustakawan kami di WA. 085937062001. (nrl/rei)

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?