Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
10 Januari 2019, 06:01

Rapat Pustakawan : Pengenalan dan Sosialisasi Pengaplikasian Web Klaster untuk Pengadaan Bahan Pustaka

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Menurut Andy Alayyubi.  (2001) “Pustakawan, Ilmuwan, dan Dialog Interaktif Metro TV” dalam tulisannya yang berjudul “Menuju Perpustakaan Ideal, Berdasarkan Undang-Undang Dan Peraturan” mengungkapkan bahwa Perpustakaan ideal adalah perpustakaan yang menjadi pusat kegiatan penggunanya (user). Artinya, perpustakaan sudah menjadi candu bagi user untuk senantiasa melakukan kegiatan apapun di perpustakaan. Karenanya Perpustakaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang terkait dengan kebutuhan user, user dalam hal ini untuk Perpustakaan Perguruan tinggi yakni mahasiswa dan dosen.

Berkaitan dengan hal tersebut, pustakawan di lingkungan ITS mengadakan acara temu pustakawan yang secara rutin digelar 4 kali dalam satu tahun. Hari ini (11/12), merupakan pertemuan terakhir di tahun 2018. Kali ini, selain pustakawan di ITS baik dari Perpustakaan pusat maupun  pustakawan yang bertugas di ruang baca, acara juga dihadiri oleh salah satu dosen dari Teknik Informastika (FTIK) yakni Dini Adni Navastara, S.Kom, M.Sc. yang akan menjelaskan materi utama tentang “Klasterisasi Tren Topik Penelitian Untuk Rekomendasi Pengadaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan ITS”. Materi ini merupakan hasil penelitian yang dikerjakan oleh dosen bekerjasama dengan pustakawan.

Acara yang dilangsungkan di Ruang Bibliotek Lantai 2 – Perpustakaan ITS tersebut dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat. Sebelum memasuki materi utama, Kepala Perpustakaan ITS, Bapak Edy Suprayitno, S.S., M.Hum. memberikan pembukaan untuk mengawali acara. Kemudian dilanjutkan pemaparan langsung oleh Ibu Dini terkait web klaster , dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi seputar topik tersebut.

Usai penutupan agenda utama temu pustakawan, dalam kesempatan ini Kepala Perpustakaan memanfaatkan waktu penghujung acara dengan pembahasan yang menarik dan bermanfaat yakni terkait inpasing calon pustakawan. Sehingga temu pustakawan kali ini terbilang sangat efektif karena tidak hanya membahas seputar kinerja seorang pustakawan namun juga mementingkan status  calon-calon pustakawan agar menjadi seorang pustakawan sejati. (nrl)

 

Berita Terkait

Send Message
Hello,
You Need Help?