News

Workshop dan Mini Seminar Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS Bersama PLN Energi Primer Indonesia

Sen, 18 Sep 2023
3:36 am
Acara
Share :
Oleh : adminpeb   |

Sambutan oleh Director Gas and Fuel PLN Energi Primer Indonesia

Kampus ITS — Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan (Puslit EB) yang berada di bawah Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerjasama dengan PT PLN Energi Primer Indonesia mengadakan workshop dan mini seminar yang bertemakan ‘Trend, Forecast, and Role of Natural Gas as the Energy Transition in the Electricity Sector Towards Net Zero Emission’ pada Selasa (8/8).

Pelaksanaan workshop dan mini seminar ini diadakan di Auditorium gedung Riset Center Lantai 11 Kampus ITS Sukolilo, Surabaya.

“Alhamdulillah, acara workshop dan mini seminar dapat berjalan dengan lancar, semoga kedepannya akan terus terjalin kerjasama antara pusat penelitian energi berkelanjutan ITS (Puslit EB ITS) dengan PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI)” Ungkapp Prof. Dr. Ir. Tri Widjaja, M.Eng, Kepala Puslit EB ITS.

Workshop dan mini seminar ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dibidangnya terkait supply demand gas dan infrastruktur gas. Semua pemaparan dari narasumber berlangsung dengan baik dan memberikan wawasan yang berharga kepada para peserta. Workshop dan mini seminar ini berhasil mencakup berbagai aspek penting terkait pengembangan neutral gas dalam konteks program transisi energi, net zero emission, dan posisi PLN EPI.

Acara ini dimulai dengan pembukaan resmi oleh Direksi PLN EPI di mana dijelaskan bahwa Kementerian BUMN telah secara resmi meluncurkan Holding Subholding PT PLN (Persero) pada tanggal 21 September 2022. Salah satu subholding yang ada adalah PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), yang mencapai status hukumnya pada tanggal 30 Desember 2022. PLN EPI memiliki tanggung jawab untuk menggabungkan pasokan energi primer guna mencapai keseimbangan antara pasokan dan permintaan, serta meningkatkan efisiensi rantai pasokan. Sebagai bagian dari perusahaan subholding, tugas utama PLN EPI adalah merancang rencana strategis lima tahun untuk mengembangkan pasokan energi primer, dengan fokus utama pada pengembangan energi primer terutama gas, agar dapat memenuhi kebutuhan pembangkitan listrik yang ramah lingkungan.

Selanjutnya disampaikan pula oleh direktur gas and fuel PLN Energi Primer Indonesia terkait maksud dan tujuan diadakannya workshop dan mini seminar ini. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa fokus utama perusahaan adalah penyediaan energi primer berbasis neutral gas. Workshop ini bertujuan untuk menghimpun pemikiran dan gagasan dari para ahli dan pemangku kepentingan guna penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PLN Energi Primer Indonesia.

Foto Bersama Seluruh Peserta Workshop dan Mini Seminar

Latest News

  • Workshop dan Mini Seminar Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan ITS Bersama PLN Energi Primer Indonesia

    Kampus ITS — Pusat Penelitian Energi Berkelanjutan (Puslit EB) yang berada di bawah Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM)

    18 Sep 2023