News

Tim ITS Monitoring Kegiatan ProKUS di Lumajang

Jum, 21 Jan 2022
11:24 am
Share :
Oleh : dotalfianprast   |

Rabu, 18 Januari 2022, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Mentoring Bisnis untuk Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) di Kabupaten Lumajang. Tim ITS terdiri dari Dr. Soedarso, S.S., M.Hum., Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA, Ir. Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si., Dr. Sutikno, S.Si., M.Si., Dr. Machsus, ST., MT., dan Galih Alco Pratama.

Dari Kiri ke Kanan: Dr. Sutikno, Dr. Soedarso, Ir. Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si, dan Saiful Bachri, AMK SH berdiskusi progress ProKUS Lumajang.

Tim ITS diterima oleh Saiful Bachri, AMK SH Kapala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Lumajang. Ketua Tim ProKUS ITS Dr. Soedarso menyampaikan progres kegiatan ProKUS di Lumajang yang telah dilaksanakan oleh ITS. Kegiatan yang telah dilaksanakan adalag identifikasi 300 kelompok penerima manfaat (KPM), analisa bisnis usaha KPM, pendampingan bisnis model kanvas, dan penyerahan bantuan alat atau bahan produksi usaha KPM. ITS menyalurkan bantuan alat atau bahan produksi kepada 300 KPM yang tersebar di Kecamatan Lumajang, Sukodono, Kunir dan Yosowilangun. ITS masih mempunyai kegiatan yang belum terlaksana. Yaitu kegiatan KPM Expo. KPM expo berupa pameran yang menampilkan produk hasil usaha KPM. ITS memilih 20 KPM terbaik yang akan ditampilkan dalam KPM expo. KPM expo rencananya akan dilaksanakan pada tanggan 29-30 Januari 2022 di GM Plaza Lumajang.

Dr. Machsus (paling kiri) dan Dr. Achmad Affandi (nomer dari kiri) menyampaikan kesiapan ITS untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang

Pak Saiful Bachri menyampaikan terima kasih kepada ITS yang telah melaksakan kegiatan mentoring bisnis untuk ProKUS di Kabupaten Lumajang. Kegiatan ProKUS adalah salah satu program pengentasan kemiskinan pemerintah. Selain ProKUS ada program lain yang juga membantu masyarakat miskin. Seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan nontunai, bantuan tunai, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan lainnya.

Foto Bersama Tim ITS, Mentor ProKUS dan Pak Saiful Bachri Dinsos Lumajang

Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA menyampaikan kepada Dinas Sosial Lumajang bahwa kegiatan ProKUS ini sebagai salah satu kontribusi ITS untuk membantu pemerintah. Apabila Pemerintah Kabupaten Lumajang maupun Dinas Sosial membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Lumajang, ITS siap membantu. Seperti saat Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan ke ITS ada permasalahan akses transportasi di Provinsi Papua. Tim ITS membuat prototipe motor tril listrik untuk mengatasi permasalahan tersebut. ITS sudah menyerahkan 2 prototype kepada Kemensos untuk digunakan di Papua.

KPM Bu Tohami (2 dari kanan) usaha kue bolenesia Bersama Tim ITS

Tim ITS juga melaksanakan kunjungan ke KPM. KPM yang dikunjungi adalah KPM Bu Tohami yang ada di Kelurahan Tompokersan Kecamatan Lumajang. Usaha Bu Tohami adalah kue dan catering. Bantuan alat atau bahan usaha yang diterima Bu Tohami adalah mixer, oven, panic dan wajan. Bu Tohami berterima kasih kepada Kemensos, ITS dan Dinas Sosial yang membantu mengembangkan usahanya. Bantuan yang diterima sudah dipergunakan untuk produksi kue pesanan pelanggan. KPM lain yang dikunjungi adalah Bu Ulfi Maulinda dan Bu Hamila. Usaha bu Ulfi Maulinda adalah donat yang berada di Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang. Sedangkan usaha bu Hamila adalah kripik (kripik tempe, samiler) yang berada di Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono. (sgh).

Latest News

  • KKN Desa Emas Mahasiswa ITS Membangun Sarana Air Bersih

    Mahasiswa KKN Desa Emas bersama Dosen Pendamping dan Perwakilan Dinas PPKB dan PPPA Pacitan   Pacitan-ITS. Kuliah kerja nyata

    21 Nov 2022
  • PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

    Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh

    02 Nov 2022
  • Kerja Praktek di PDPM ITS, Mahasiswa dibekali Kemampuan Riset Pelatihan dan Pendampingan

    Jumat, 28 Oktober 2022, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PDPM ITS), Gedung Riset

    01 Nov 2022
Home >