News

Capaian Indeks Pembangunan Infrastruktur dan Kewilayahan Kabupaten Probolinggo Tahun 2022

Sel, 06 Jun 2023
1:15 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : admin_pdpm   |

Probolinggo-ITS. Senin, 5 Juni 2023, PDPM ITS melaksanakan presentasi laporan akhir penyusunan rencana percepatan penyediaan infrastruktur prioritas dan penghitungan capaian indikator bidang infrastruktur dan kewilayahan. Acara diadakan di ruang pertemuan bidang infrastruktur bapelitbangda Kantor Bupati Probolingo Lt. IV. Tujuan dari kegiatan ini adalah Untuk menghitung seluruh Capaian Indikator Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan yang tertuang dalam Perubahan RPJMD Kabutapen Probolinggo tahun 2018 – 2023. Selain itu, sebagai dokumen acuan dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan infrastruktur prioritas yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat. Perwakilan PDPM ITS adalah Dr. Sutikno, M.Si selaku kepala PDPM ITS dan tim penyusun.

Lokasi Kabupaten Probolinggo yang bersifat geostrategis dengan potensi Kawasan industri maupun kegiatan penunjang ekonomi sangat pesat. Sehingga memiliki peluang untuk mendapatkan investasi dalam pengembangan infrastruktur, seperti pembangunan jalan, jaringan listrik, dan fasilitas publik lainnya. Akan tetapi belum setimbang dalam pembangunan infrastruktur di seluruh Kabupaten Probolinggo. Khususnya di wilayah pedesaan atau daerah yang terpencil membutuhkan perhatian khusus untuk meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan infrastruktur dasar agar tidak terjadi kesenjangan pembangunan.

Indeks Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Probolinggo adalah sebesar 45,56 dimana nilai tersebut masuk kedalam kriteria nilai “Cukup”. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan terkait infrastruktur harus ditingkatkan, terutama pada bidang-bidang yang masih masuk ke dalam kriteri nilai “Cukup”, “Buruk”, dan “Sangat Buruk”. Ada dua bidang yang masuk ke dalam kriteria nilai “Sangat Buruk” pada tahun 2022 yaitu Bidang Persampahan. Bidang – bidang yang masuk dalam kriteria nilai “Buruk” adalah Bidang Irigasi, Bidang Sanitasi dan Bidang Fasilitas Publik pada tahun 2022. Bidang yang masuk ke dalam kriteria nilai “Cukup” adalah Bidang Perizinan Bangunan pada tahun 2022. Bidang – bidang yang masuk ke dalam kategori “Baik” adalah Bidang Jaringan dan Jalan, Bidang Air Bersih dan Bidang Angkutan Umum. Bidang yang masuk ke dalam kategori “Baik Sekali” adalah Bidang Perumahan dan Permukiman.

Rekomendasi yang diberikan untuk pemkab Probolinggo adalah Pada Bidang Bidang Persampahan adalah penambahan fasilitas pengurangan sampah (recycle, guna ulang dll), dan peninjauan kembali fungsi TPA Seboro dalam penanganan sampah. Pada Bidang Irigasi adalah memprioritaskan kecamatan Sumber, Lumbang, Kuripan dan Sukapura (tempat sawah irigasi) untuk mendapatkan infrastruktur irigasi yang memadai. Pada Bidang Sanitasi adalah mulai merealisasikan rencana persampahan yang ada di dokumen masterplan persampahan, juga memprioritaskan Kecamatan Gending dan Kecamatan Gading dalam akses rumah tangga kepada sanitasi. Pada Bidang Fasilitas Publik adalah peninjauan kembali terhadap 73 bangunan sarana dan prasarana milik pemkab Probolinggo yang dalam keadaan perlu rehabiitasi. (dw)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.