News

Kebijakan Bahan Pokok Pangan untuk Penguatan Ketahanan Pangan Kota Madiun

Kam, 09 Des 2021
12:20 pm
News

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : dotalfianprast   |

Pemerintah Kota Madiun menyelenggarakan FGD survei komoditas 12 bahan pokok pangan, dalam rangka merumuskan kebijakan pembangunan di bidang pangan dan untuk penguatan ketahanan pangan daerah. FGD dilaksanakan pada hari Senin, 13 Desember 2021 di Gedung Graha Bakti Praja Lantai 2 Ruang Rapat Besar Bapelitbangda Kota Madiun. PDPM ITS sebagai pusat kajian yang berkontribusi dalam pembangunan daerah, diundang untuk menyampaikan hasil survei, analisis sekaligus rekomendasi kebijakan untuk penguatan ketahanan pangan di Kota Madiun. Perwakilan dari PDPM ITS adalah Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.Rer.Reg selaku ketua tim penyusunan kegiatan, Vely Kukinul Siswanto, ST, MT, M.Sc selaku tenaga ahli dan tim penyusun

Laju pertumbuhan penduduk Kota Madiun yang tinggi diiringi dengan peningkatan kebutuhan terhadap komoditas pangan. Pertumbuhan penduduk yang cepat juga memicu peningkatan kebutuhan lahan sehingga terjadi alih fungsi lahan pertanian pangan yang signifikan di Kota Madiun. Sementara tujuan pembangunan berkelanjutan adalah menjamin masyarakat tanpa kelaparan (zero hunger), meningkatkan ketahanan pangan serta perbaikan nutrisi. Oleh karena itu perlu adanya survei komoditas bahan pokok pangan agar dapat teridentifikasi pola konsumsi masyarakat, yang nantinya bisa dijadikan perumusan kebijakan pembangunan di bidang pangan. Kedua belas bahan pokok pangan yang disurvei adalah beras, jagung, kedelai, daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih, cabai, gula pasir, telur, tepung terigu dan minyak goreng.

Vely Kukinul Siswanto, ST, MT, M.Sc menyampaikan bahwa survey dilakukan dengan proporsional random sampling dengan jumlah responden minimal 123 kepala keluarga. Angka tersebut dianggap sudah mewakili seluruh kelurahan yang terdapat di Kota Madiun. Hasil survey menunjukkan bahwa jumlah produksi padi, jagung maupun kedelai mengalami tren penurunan beberapa tahun terakhir, sedangkan produksi daging ayam terpantau melimpah selama tahun 2021. Komoditas lain, seperti telur ayam, mengalami penurunan selama 4 tahun terakhir. Dari keduabelas bahan pokok yang ada, 4 bahan pokok yang mengalami fluktuasi tertinggi adalah telur, kedelai, minyak goreng dan daging ayam. (dw)

Latest News

  • PDPM ITS: KAJIAN STATISTIK UNTUK INDIKATOR KINERJA UTAMA PEMERINTAH DAERAH

    Senin, 31 Oktober 2022, Tenaga Ahli PDPM ITS Dr. Sutikno, M.Si., Dr. Setiawan, MS., Dr. Soedarso, M.Hum diundang oleh

    02 Nov 2022
  • Kerja Praktek di PDPM ITS, Mahasiswa dibekali Kemampuan Riset Pelatihan dan Pendampingan

    Jumat, 28 Oktober 2022, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PDPM ITS), Gedung Riset

    01 Nov 2022
  • Workshop Pengembangan Model Output Statistik di Surabaya

    Kamis, 27 Oktober 2022, PDPM ITS mengadakan mini workshop pemaparan dan diskusi hasil pengembangan Model Output Statistik di Surabaya.

    28 Okt 2022