News

ITS Susun Masterplan Geopark Bromo Tengger Semeru (BTS) bersama Bappeda Provinsi Jawa Timur

Sel, 06 Jul 2021
8:53 am
Share :
Oleh : dotalfianprast   |

Tim Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PPDM) – ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) yang diketuai oleh Dr. Ir. Eko Budi Santoso, Lic.Rer.Reg, tenaga ahli di PDPM dan  Kepala Laboratorium Pengembangan Wilayah Pesisir dan Lingkungan Departemen Perencanaan Wilayah dan Perkotaan ITS, dalam penyampaian laporan akhir penyusunan Masterplan Geopark Bromo Tengger Semeru pada 5 Juli 2021 menyatakan bahwa upaya mewujudkan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai geopark memiliki nilai yang sangat strategis untuk menempatkan kawasan tersebut sebagai area konservasi, edukasi dan penembangan ekonomi yang bertaraf internasional.

Geopark merupakan konsep manajemen pengembangan kawasan yang disinergikan dengan prinsip – prinsip konservasi dan rencana tata ruang wilayah eksisting di kawasan yang telah terbangun yang berpilar pada aspek konservasi, edukasi, penumbuhan nilai ekonomi lokal dan regional (https://kniu.kemendibud.go.id). Pengembangan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai geopark  memenuhi syarat sebagai Geopark Global sesuai ketentuan UNESCO karena memiliki warisan geologi yang bernilai internasional yang dapat digunakan untuk modal pembangunan kawasan  masyarakat di sekitarnya secara berkelanjutan berbasis konservasi edukasi dan ekonomi kreatif. Suatu geopark memiliki tujuan yang mencakup perlindungan keragaman-bumi (geodiversity) & konservasi lingkungan, pelestarian dan promosi warisan bumi, pendidikan dan riset ilmu geologi, biologi, pelestarian budaya lokal, serta  penumbuhan dan pengembangan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan  melalui geowisata.

Selama ini kawasan Bromo Tengger Semeru dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTN BTS) bekerjasama dengan  pemerintah daerah di sekitarnya meliputi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuran, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang,  telah berhasil dalam konservasi dan pelestarian situs geologi serta keragaman hayati yang ada. Dalam rencana induk / masterplan Geopark BTS, baik BBTN BTS maupun pemerintah daerah tetap merupakan unsur penting dalam pengelolaan geopark dengan disinergikan secara lebih luas melalui pihak-pihak baik di pemerintahan Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Pusat melalui kementerian yang terkait.

  

Penyusunan Masteplan Geopark Bromo Tengger Semeru oleh Tim ITS merupakan penugasan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. Dalam penyampaian laporan penyusunan Masterplan Geopark BTS tersebut dihadiri dari unsur perwakilan pemerintah pusat antara lain dari:  Direktorat Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas RI,  Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarvest RI,  Asisten Deputi Pengelolaan Produk Kehutanan dan Jasa Lingkungan Kemenkomarvest RI,  Deputi Bidang Destinasi dan Infrastruktur Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,  Badan Geologi, serta  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM. Dari unsur pemerintahan Provinsi Jawa Timur antara lain dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur,  Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur,  Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur,  Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Taman Nasional BTS dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. Dari unsur pemerintah daerah kabupaten antara lain dari Bappeda kabupaten di sekitar kawasan BTS yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Tim penyusun masterplan dari ITS hadir antara lain Kepala Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat ITS Dr. Sutikno, pakar geologi ITS Dr. Amien Widodo,  serta anggota tim ITS:  Indah Trisnawati Ph.D, Dr. Soedarso, Arwi Yudhi K. MT, Dr. M.Haris M.F., Vely Kukinul S., Naomi Zakina, Afin Fatikhatul dan Prianti Tuhu.

Latest News

  • Bakti Mahasiswa ITS Turunkan Resiko Stunting di Kabupaten Pacitan

    Pacitan-ITS. Pemerintah Kabupaten Pacitan berkomitmen dalam menurunkan angka resiko stunting di wilayah Kabupaten Pacitan. Hal ini disampaikan oleh Kepala

    26 Sep 2022
  • Kunjungan Kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban di PDPM ITS

    Rabu, 20 September 2022, Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban berkunjung ke kantor PDPM ITS untuk membahas kerjasama terkait potensi ekonomi

    21 Sep 2022
  • DLH Kabupaten Kediri dan ITS Jalin Kerja Sama dalam Penyusunan Masterplan RTH

    Kediri-ITS. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Kediri dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjalin kerja sama dalam

    07 Sep 2022
Home >