ITS News

Jumat, 21 Juni 2024
30 Mei 2024, 19:05

Kolaborasi ITS dan Bank BTN Mendukung Pengembangan Talenta Pendidikan

Oleh : itsmif | | Source : ITS Online
Foto Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu (dua dari kiri) dan Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng ketika menandatangani MoU antara Bank BTN dan ITS

Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD dan Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu (tengah) seusai menandatangani nota kesepahaman antara ITS dan Bank BTN

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus memperluas peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan pendidikan kampus. Kali ini, ITS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) atau Bank BTN yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS, Kamis (30/5).

Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ITS bersama Bank BTN akan menjalin kerjasama strategis dalam bidang infrastruktur keuangan dan kemahasiswaan. Menurut Bambang, kerjasama ini tidak hanya membuka peluang dalam pengelolaan pengembangan sistem pembayaran, tetapi juga menyediakan berbagai wahana yang dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

Direktur Utama (Dirut) Bank BTN, Nixon LP Napitupulu, juga menimpali kerja sama baik ini bahwa sejak tahun 2020 telah terjalin kerja sama antara ITS dan Bank BTN. Namun, ia menjelaskan bahwa kesepakatan sebelumnya hanya berfokus pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Maka, dilakukan penandatanganan kerja sama lanjutan untuk mengembangkan aspek lebih lanjut dari kedua institusi,” ucapnya.

Nota kesepahaman yang disepakati kedua belah pihak mencakup pemanfaatan produk dan penyediaan layanan jasa perbankan, penyediaan kesempatan magang di unit kerja bank BTN, pembayaran uang kuliah secara host to host. “Selain itu, penguatan program learning, advisory, dan research  program Housing Finance Center (HFC) BTN juga dikuatkan dalam MoU ini,” jelas Nixon lebih lanjut. 

Foto pemberian cindera mata oleh ITS kepada Bank BTN

Pemberian cinderamata ITS oleh Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD kepada Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu

Penerapan kerja sama tersebut secara nyata akan terwujud dalam berbagai bentuk, termasuk pemasangan EDC/QRIS pada beberapa ekosistem bisnis ITS, pengembangan potensi payroll di Flamboyan Guest House dan Bougenville Guest House ITS, penambahan dana pihak ketiga (DPK) dari pendapatan DKPU dan PT ITS Tekno Sains ITS, dan penambahan program pengembangan operasional bagi ITS.

Tak hanya itu, Dirut Bank BTN yang berfokus pada peningkatan layanan perumahan juga berambisi agar kolaborasi ini dapat menghasilkan bibit-bibit yang terus beregenerasi menjadi talenta berkualitas. Nixon percaya bahwa mahasiswa adalah modal dasar yang sangat berharga bagi industri perbankan. “Selain itu, ITS telah lama menjadi sumber potensi yang besar dan berkualitas bagi kelangsungan bisnis kami,” ungkapnya.

Dalam responnya, Bambang mengungkapkan kegembiraannya atas kolaborasi tersebut dan mengharapkan agar dapat memberikan peluang yang luas bagi kedua belah pihak untuk belajar. Ia menyoroti kesempatan magang dari bank BTN yang diharapkan dapat memberikan wawasan kewirausahaan dan pengembangan startup kepada mahasiswa serta memberikan manfaat bagi bank tersebut dalam hal inovasi dan ide-ide segar. (*)

 

Reporter: Mifda Khoirotul Azma
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait