ITS News

Sabtu, 25 Mei 2024
02 Mei 2024, 14:05

Peringati Hardiknas, ITS Dukung Keberlanjutan Merdeka Belajar

Oleh : itscal | | Source : ITS Online
Pengibaran Bendera Merah Putih

Prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam rangkaian upacara peringatan Hardiknas 2024 di Stadion ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar upacara rutin tahunan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5) untuk menyambut hari kejayaan pendidikan di Indonesia. Upacara yang berlangsung di Stadion ITS ini dihadiri oleh segenap sivitas akademika ITS dengan berkumpul bersama untuk merayakan pentingnya pendidikan bagi masa depan bangsa.

Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa atas kerja keras dan dedikasi mereka selama ini. Pencapaian ITS dalam riset dan teknologi, serta berbagai inovasi yang telah diciptakan hingga saat ini merupakan hasil dari kerja sama yang solid dan sinergi antara seluruh elemen keluarga besar ITS.

Bagi pria yang kerap disapa Bambang ini, kontribusi seluruh sivitas akademika ITS berperan penting dalam memperluas jangkauan ITS di tingkat nasional hingga internasional. Hal ini terbukti dengan munculnya individu-individu cerdas yang mampu berkiprah dan meraih prestasi di kancah global. “Tanpa dedikasi dari rekan-rekan sekalian, ITS tidak akan bisa mencapai kemajuan seperti saat ini,” tuturnya dengan penuh apresiasi.

Melewati perjalanan panjang, pria asal Yogyakarta ini menekankan pentingnya melanjutkan perjalanan ITS dalam menciptakan pendidikan berkualitas. Ia menyoroti perlunya kolaborasi antar seluruh sivitas akademika untuk membangun iklim pembelajaran yang lebih efektif di masa depan. “Dengan demikian, inovasi dan prestasi akan muncul kembali dengan skala yang lebih besar, sehingga reputasi dan eksistensi kita di mata dunia pun akan semakin kuat,” jelasnya.

Pidato Rektor ITS

Rektor ITS, Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD ketika memberikan pidato sambutan pada upacara peringatan Hardiknas 2024

Selaras dengan tekad ITS, dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut juga turut menyampaikan naskah sambutan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Dalam pidatonya, Bambang menekankan perjuangan transformasi pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah melewati berbagai rintangan, termasuk pandemi. 

Bambang menegaskan bahwa langkah-langkah kolektif yang diambil telah memperkuat semangat untuk bangkit dan menghadapi tantangan masa depan. Gerakan Merdeka Belajar telah memberi banyak ruang bagi inovasi dan kemajuan di dunia pendidikan, sehingga memungkinkan setiap individu untuk meraih potensi penuh mereka. “Langkah serempak kita telah mengobarkan semangat kebangkitan yang jauh lebih kuat,” tambahnya.

Deretan Sivitas Akademika

Jajaran sivitas akademika ITS dalam upacara peringatan Hardiknas 2024

Hal tersebut pun selaras dengan tema peringatan Hardiknas 2024 yang diusung oleh Kemendikbud Ristek yaitu Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar dengan upaya memperluas ruang kebebasan untuk berkarya dan berinovasi. Dalam pidatonya, Bambang menegaskan, meskipun sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas belum selesai, semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

Sambutan tersebut sekaligus menandai berakhirnya masa pengabdian Menteri Dikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim BA MBA, selama lima tahun terakhir. Namun, Nadiem lewat Bambang terus menggelorakan semangat gerakan Merdeka Belajar yang diharapkan terus berlanjut untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. “Mari bersama-sama memperkuat dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ujar Bambang.

Berkaca pada capaian sebelumnya, Bambang yang baru saja dilantik menjadi rektor ITS menganggap upacara ini untuk memulai langkah pertamanya dalam menjalankan amanah sebagai pemimpin. Bambang juga turut berterima kasih kepada Rektor ITS periode 2019–2024, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, yang hadir bersama jajaran tendik. “Kami banyak belajar dari bapak untuk terus bergerak sebagai wadah pendidikan yang berkelanjutan,” ungkap Bambang mengapresiasi. (*)

 

Reporter: Putu Calista Arthanti Dewi
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait